Fitriani, Rikhanah (2017) Keefektifan Pendekatan Ekologi Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ekosistem Pada Siswa Kelas X SMA. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-rikhanah-fitriani-14725251019.swf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan pendekatan ekologi dengan model discovery learning untuk meningkatkan pemahaman konsep ekosistem pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experimental dengan desain penelitian Nonequivalent, Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA N 1 Imogiri dan didapatkan sampel yaitu kelas X 3 sebanyak 28 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas X 4 sebanyak 24 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik selected sampling. Instrumen penelitian berupa soal pretes dan postes terdiri dari 28 soal pilihan ganda yang dinyatakan valid dengan nilai reliabilitas sebesar 0,81 dan soal uraian terdiri dari 3 soal yang dinyatakan valid dengan nilai reliabilitas sebesar 0,86. Data penelitian ini dianalisis dengan ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan ekologi model discovery learning secara signifikan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep ekosistem siswa sebesar 0,000.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan ekologi, discovery learning |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 13 Apr 2017 03:03 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 12:16 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48692 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |