Keefektifan Pendekatan Ekologi Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ekosistem Pada Siswa Kelas X SMA

Fitriani, Rikhanah (2017) Keefektifan Pendekatan Ekologi Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ekosistem Pada Siswa Kelas X SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rikhanah-fitriani-14725251019.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan pendekatan ekologi dengan model discovery learning untuk meningkatkan pemahaman konsep ekosistem pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experimental dengan desain penelitian Nonequivalent, Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA N 1 Imogiri dan didapatkan sampel yaitu kelas X 3 sebanyak 28 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas X 4 sebanyak 24 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik selected sampling. Instrumen penelitian berupa soal pretes dan postes terdiri dari 28 soal pilihan ganda yang dinyatakan valid dengan nilai reliabilitas sebesar 0,81 dan soal uraian terdiri dari 3 soal yang dinyatakan valid dengan nilai reliabilitas sebesar 0,86. Data penelitian ini dianalisis dengan ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan ekologi model discovery learning secara signifikan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep ekosistem siswa sebesar 0,000.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan ekologi, discovery learning
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 13 Apr 2017 03:03
Last Modified: 29 Jan 2019 12:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48692

Actions (login required)

View Item View Item