Keefektifan Strategi Double Entry Journal dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa SMA Negeri 1 Pleret Kabupaten Bantul

Palupi, Nina Retno (2017) Keefektifan Strategi Double Entry Journal dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa SMA Negeri 1 Pleret Kabupaten Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nina-retno-palupi-14715251015.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan signifikansi antara penerapan strategi DEJ dan strategi konvensional dalam pembelajaran menulis puisi siswa SMA, serta menguji keefektifan strategi DEJ dibandingkan dengan strategi konvensional dalam pembelajaran menulis puisi siswa SMA. Desian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Pleret. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: pertama, terdapat perbedaan yang signifikan antara penerapan strategi DEJ dan strategi konvensional dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas X sesuai dengan hasil uji-t postes kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh t-hitung 4.418 dan sig. 0.000. Kedua, strategi DEJ terbukti efektif dibandingkan dengan strategi konvensional dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas X berdasarkan hasil uji-t diperoleh t-hitung 9.006 dan sig. 0.000.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: double entry journal, menulis puisi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 13 Apr 2017 02:07
Last Modified: 29 Jan 2019 12:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48687

Actions (login required)

View Item View Item