PENGEMBANGAN POCKETBOOK BERMUATAN NATURE OF SCIENCE UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMP

Rafidah, Nurlina (2017) PENGEMBANGAN POCKETBOOK BERMUATAN NATURE OF SCIENCE UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMP. S1 thesis, FMIPA UNY.

[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB II.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB III.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk 1) mengembangkan pocketbook bermuatan nature of science untuk meningkatkan literasi sains siswa SMP yang layak menurut para ahli dan guru; dan 2) mengetahui peningkatan literasi sains siswa SMP setelah menggunakan pocketbook bermuatan nature of science. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R & D) dengan menggunakan model pengembangan 4D model yang meliputi fase define, design, develop, dan dessiminate. Fase define dilakukan melalui lima tahap yang meliputi tahap analisis awal, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, dan spesifikasi tujuan pembelajaran. Fase design dilakukan melalui empat tahap yang meliputi penyusunan tes, pemilihan bahan ajar, pemilihan format, dan rancangan awal. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli terhadap pocketbook, lembar respon siswa terhadap pocketbook, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan tes kemampuan literasi sains. Fase develop dilakukan melalui tiga tahap yaitu peninjauan oleh dosen pembimbing yang dilanjutkan dengan revisi I, kemudian tahap validasi ahli yang dilanjutkan dengan revisi II, dan tahap uji pengembangan. Uji pengembangan di lapangan dilakukan dengan menggunakan pocketbook hasil validasi ahli, uji coba dilakukan di SMP N 2 Mlati dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas VIII C dan kelas VIII A dengan jumlah siswa 28 anak pada tiap kelas. Teknik analisis data yang digunakan merupakan teknik analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Analisis kualitatif berupa saran dan masukan dari validator terhadap pocketbook, sedangkan analisis kuantitatif menggunakan analisis skor validasi dan respon siswa terhadap pocketbook dan analisis gain skor untuk peningkatan literasi sains siswa. Fase dessiminate dilakukan dengan penyebarluasan pocketbook secara terbatas. Penelitian ini memperoleh hasil yaitu 1) pocketbook bermuatan nature of science dinyatakan layak oleh dosen ahli dan guru IPA yaitu memperoleh nilai A dengan kategori sangat baik dan 2) literasi sains siswa SMP mengalami peningkatan setelah menggunakan pocketbook hasil pengembangan yaitu memperoleh gain skor dengan kategori sedang. Kata kunci: literasi sains, nature of science, pocketbook This study was conducted to 1) produce eligible pocketbook contained with nature of science to improve scientific literacy of junior high school students according to experts and teachers; and 2) determine the increasing of scientific literacy of junior high school students. This study is a research & development (R & D) using the 4D Model including define phase, design phase, develop phase, and disseminate phase. Define phase was conducted through five stages including initial analysis, students analysis, task analysis, concept analysis, and specification of learning objectives. Design phase is conducted with four stages which include preparation of the test, selection of teaching materials, selection of format, and a preliminary draft. The instrument used in this study is a sheet of expert validation of the pocketbook, student questionnaire responses to the pocketbook, learning observation sheets, and scientific literacy test. Develop phase is conducted by three stages covering the review by the consultants followed by first revision, then the validation phase of experts followed by second revision, and the test phase of development. Development test is done by using the second revision pocketbook, trials is conducted in SMP N 2 Mlati using two classes: VIII C class and VIII A class and each class has 28 students. Data analysis technique used are analysis of quantitative and qualitative data. Qualitative analysis are the form of advice from the validator of the pocketbook, while quantitative analysis using analytical validation scores and students’ responses to the pocketbook and analysis of gain scores to improve scientific literacy of students. Disseminate phase is done by limited dissemination. The results of this study are 1) pocketbook contained with nature of science is declared eligible by experts and teachers, which achieving grades A (very well category); and 2) scientific literacy of junior high school students has increased after using pocketbook with medium gain category.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: nature of science, pocketbook, scientific literacy
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 11 Oct 2017 02:14
Last Modified: 30 Jan 2019 13:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48682

Actions (login required)

View Item View Item