PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE LEARNING PADA PLATFORM ANDROID SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X

Ika Rahayu, Mega Septiana and Astono, Juli (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE LEARNING PADA PLATFORM ANDROID SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis mobile learning pada platform android yang layak digunakan sebagai sumber belajar fisika kelas X, mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis mobile learning pada platform android terhadap hasil belajar fisika kelas X, dan mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis mobile learning pada platform android terhadap kemandirian belajar fisika peserta didik kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian R & D dengan desain ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yakni Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Aplikasi yang dikembangkan diujicobakan kepada 22 peserta didik kelas X SMA 1 Sedayu. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian lembar validasi kepada ahli materi, ahli media, guru fisika, dan peer reviewer untuk menilai kelayakan produk serta angket respon peserta didik untuk memberi masukan produk yang dikembangkan. Pengadaan pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan pengisian angket oleh peserta didik, observasi di kelas, dan wawancara untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk hasil pengembangan media dinyatakan layak berdasarkan penilaian ahli, guru fisika dan peer reviewer serta angket respon peserta didik dengan kategori baik, media pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar hukum Newton dan penerapannya dengan nilai gain 0,6 atau dalam kategori sedang, dan media pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas X dengan nilai gain 0,2 atau dalam kategori rendah. Kata kunci: mobile learning, hasil belajar, kemandirian belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 13 Apr 2017 03:41
Last Modified: 30 Jan 2019 13:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48681

Actions (login required)

View Item View Item