LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

An Nisaa’ Rakhmi, An Nisaa’ Rakhmi (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
AN' NISAA RAKHMI_FMIPA_Pendidikan Biologi_13304244028.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu program dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai salah satu syarat kelulusan mahasiswa pendidikan yang bertujuan mengembangkan kompetensi mengajar sebagai calon guru di sebuah instansi pendidikan. PPL mahasiswa dapat mengamalkan ilmu akademik yang telah dipelajari di universitas ke sekolah, dan mahasiswa juga mendapat pengalaman lapangan untuk meningkatkan kompetensinya melalui program PPL. Mahasiswa dapat memberi dan menerima (take and give) semua ilmu yang didapatkan melalui program PPL untuk menunjang mahasiswa menjadi calon tenaga pendidik yang profesional. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016 di SMA Negeri 1 Kasihan, Bantul. Selama PPL, mahasiswa melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan sekolah, mulai dari mengajar di kelas, piket (ruang piket, perpustakaan, TU (Tata Usaha), dan UKS (Unit Kesehatan Siswa)), mengikuti kegiatan khusus sekolah (upacara, kerja bakti, peringatan Idul Adha, ekstrakurikuler). Sebelum mulai mengajar di kelas, mahasiswa melakukan bimbingan dengan guru pembimbing dan menyusun perangkat pembelajaran sebagai panduan pembelajaran. Perangkat pembelajaran terdiri dari program tahunan, program semester, kalender akademik, penghitungan jam efektif, jadwal, silabus, rencana penilaian, KKM, dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Selain itu, mahasiswa juga melengkapi perangkat dengan membuat lembar soal dan kunci jawaban, analisis hasil ulangan, agenda harian, daftar nilai siswa, program remedial, serta agenda pribadi. Mahasiswa melakukan praktik mengajar ke kelas sebanyak 9 kali pertemuan, atau 9 x 45 menit yaitu 405 menit, dengan 8 kali pertemuan pembelajaran kelas, dan 1 kali pertemuan pembelajaran di laboratorium. Untuk memenuhi jumlah jam minimal PPL, mahasiswa rutin melakukan pendampingan mengajar (mendampingi pembelajaran teman mahasiswa satu prodi), melakukan piket, baik piket ruang piket harian, piket TU (Tata Usaha), dan piket perpustakaan serta mengikuti kegiatan khusus sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Bantul, Mahasiswa, PPL, UNY
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Apr 2017 00:00
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48672

Actions (login required)

View Item View Item