EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE QUICK ON THE DRAW UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA N 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2015/2016

Virgiantoro, Eric Vernando (2017) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE QUICK ON THE DRAW UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA N 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi Eric Vernando (12804244041).pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan efektifitas model pembelajaran Quick on the draw untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Tempel, (2) Menganalisis perbedaan kemandirian dan hasil belajar antara siswa yang mengikut pembelajaran dengan model pembelajaran Quick on the draw dan metode ceramah. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Variabel yang digunakan adalah variabel bebas berupa metode pembelajaran Quick on the draw serta variabel terikat berupa kemandirian dan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dan didapati kelas XC sebagai kelompok kontrol dan kelas XD sebagai kelompok eksperimen. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan validitas konstruk. Pengujian reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis uji-t data awal dan akhir kemandirian belajar kelompok eksperimen diperoleh thitung sebesar -11,481, df = 29, dan p sebesar 0,000. Hasil analisis uji-t data pretest-posttest hasil belajar siswa kelompok eksperimen diperoleh thitung sebesar -11,481, df = 29, dan p sebesar 0,000. Nilai tersebut menunjukan metode Quick on the draw efektif digunakan dalam pembelajaran ekonomi untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa. Hasil analisis uji-t data awal dan akhir kemandirian belajar diperoleh thitung sebesar -2,890 dengan df = 29 dan nilai p sebesar 0,007. Hasil analisis uji-t data pretest dan posttest hasil belajar siswa diperoleh nilai thitung sebesar -2,890 dengan df = 29 dan nilai p sebesar 0,007. Nilai tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan kemandirian dan hasil belajar siswa secara signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran ekonomi dengan metode ceramah dan metode Quick on the draw. Kata Kunci : Keefektifan, Metode Quick on the draw, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Bank dan Perbankan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 13 Apr 2017 03:41
Last Modified: 30 Jan 2019 13:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48665

Actions (login required)

View Item View Item