Recognition of Work Experience and Learning Oucome (ReWELO) Berbasis KKNI yang Setara dengan Kompetensi Lulusan SMK Teknik Ketenagalistrikan

Zamtinah, Zamtinah (2016) Recognition of Work Experience and Learning Oucome (ReWELO) Berbasis KKNI yang Setara dengan Kompetensi Lulusan SMK Teknik Ketenagalistrikan. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-zamtinah-12702261007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271MB)

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk: 1) Merumuskan deskriptor KKNI Level 2 bidang Teknik Ketenagalistrikan; 2) Mengembangkan Model ReWELO yang dapat digunakan sebagai sarana pengakuan pengalaman kerja dan hasil belajar; 3) Mengembangkan Buku Panduan Pelaksanaan ReWELO; dan 4) Mengembangkan website ReWELO on-line. Metode yang digunakan untuk merumuskan deskriptor KKNI Level 2 adalah Teknik Delphi. Metode untuk mengembangkan Model ReWELO adalah Penelitian dan Pengembangan (Research & Development) model Borg & Gall dengan tahapan sebagai berikut: analisis kebutuhan, perencanaan produk, pengembangan produk, finalisasi dan implementasi produk. Website ReWELO dikembangkan dengan metode rancang bangun. Rumusan deskriptor KKNI, Model ReWELO dan website ReWELO on-line kemudian divalidasi oleh pakar melalui Focus Group Discussion (FGD). Pakar yang dilibatkan dalam FGD adalah dari Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia (AKLI), Asosiasi Profesionalis Elektrikal Indonesia (APEI), PT. LEN Bandung, PT. Bukaka Teknik Utama, PT. Schneider Electric Indonesia, PT. Smart Energi Semesta, Dinsosnakertrans Yogyakarta, LSP Gema PDKB, PT. PLN Persero, akademisi dan guru SMK. Implementasi Model ReWELO dapat dilaksanakan melalui dua metode yaitu uji kompetensi dan penilaian portofolio. Subyek uji coba pelaksanaan ReWELO melalui uji kompetensi adalah 18 siswa dari 18 SMK Negeri dan Swasta Bidang Keahlian Teknik Ketenagalistrikan yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta, sedangkan subyek uji coba melalui penilaian portofolio adalah 13 orang yang berasal dari tenaga kerja non formal, PNS, industri, BATAN, PT. KAI Yogyakarta, POLDA DIY, dan AAU DIY. Instrumen yang digunakan adalah angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Validitas instrumen diuji melalui expert judgment dan reliabilitas diuji melalui KR-20 dan Alpha Cronbach. Fungsi Website ReWELO diuji dengan Black Box Testing. Kelayakan website diuji oleh ahli teknologi informasi dan pengguna (user). Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Deskriptor KKNI Level 2 Bidang Teknik Ketenagalistrikan untuk Transmisi Tenaga Listrik berjumlah 103 deskriptor, Distribusi Tenaga Listrik berjumlah 83 deskriptor, dan Pemanfaatan Tenaga Listrik terdiri dari 61 desriptor; 2) Model ReWELO dapat dilaksanakan dengan 2 metode yaitu uji kompetensi dan penilaian portfolio. Metode ReWELO dinilai “Sangat Layak” digunakan dengan nilai kelayakan sebesar 3,67; 3) Buku panduan yang dihasilkan adalah Panduan Pelaksanaan ReWELO dan Modul Penggunaan Website ReWELO; 4) Website ReWELO secara fungsional dapat digunakan sesuai perencanaan dan mendapat penilaian “Baik” oleh ahli teknologi informasi, asesor, dan kandidat. Skor rerata penilaian dari ahli teknologi informasi sebesar 3,3; dari asesor sebesar 3,4; dan dari kandidat sebesar 3,2.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: ReWELO, KKNI
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2017 06:59
Last Modified: 16 Jan 2023 06:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48660

Actions (login required)

View Item View Item