PERANCANGAN MODUL SENI LUKIS AQUAREL UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 1 BOROBUDUR, KECAMATAN BOROBUDUR, KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Anggraeni, Zunita (2017) PERANCANGAN MODUL SENI LUKIS AQUAREL UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 1 BOROBUDUR, KECAMATAN BOROBUDUR, KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Pendidikan Seni Rupa FBS.

[img] Text
TAS ZUNITA ANGGRAENI.PDF
Restricted to Repository staff only until 13 April 2018.

Download (31MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul lengkap (self- contained) tentang seni lukis aquarel yang layak, yaitu memenuhi unsur sesuai kebutuhan peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Borobudur dengan mempertimbangkan aspek atau komponen kelengkapan modul. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Tahap penelitian ini terdiri dari: (1) studi pendahuluan, (2) melakukan perencanaan, (3) pengembangan produk awal, dan (4) uji coba lapangan. Pada tahap awal, dilakukan analisis kebutuhan melalui observasi dan wawancara kepada guru mata pelajaran seni budaya. Setelah melakukan analisis kebutuhan di lapangan, maka dilakukan perancangan modul yang akan dikembangkan. Tahap selanjutnya adalah pengembangan modul hingga dinyatakan valid oleh ahli media dan ahli materi. Modul pembelajaran yang telah divalidasi kemudian diujikan kepada responden yaitu peserta didik kelas IX-B SMP Negeri 1 Borobudur berjumlah 32 orang melalui tiga tahap uji coba yaitu: uji coba kelompok besar tahap pertama, uji coba kelompok besar tahap kedua, dan uji coba kelompok besar tahap ketiga. Modul telah melalui prosedur penelitian dan pengembangan yaitu tahap validasi, dan telah memenuhi kriteria kelayakan media pembelajaran. Berdasarkan hasil perolehan skor aspek penilaian diperoleh presentase oleh ahli media sebesar 82,5%, pada ahli materi 1 sebesar 96,5% dan ahli materi 2 sebesar 77,3%. Selain itu pada hasil uji coba kelompok besar tahap pertama memperoleh hasil presentase sebesar 83,2%, uji coba kelompok besar tahap kedua memperoleh hasil presentase sebesar 84,3%, dan uji coba kelompok besar tahap ketiga memperoleh hasil presentase sebesar 85,2%. Produk akhir berupa modul Modul Seni Lukis Aquarel yaitu modul lengkap (Self Contained), berukuran kuarto/A4 (210 mm x 297 mm) dengan ketebalan kertas sampul 230gr dan isi modul menggunakan kertas HVS 80gr disajikan secara portrait berisi 48 halaman isi materi dan 2 halaman sampul. Kesimpulan modul dapat digunakan dan dilakukan kelayakan pemanfaatannya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 13 Apr 2017 03:39
Last Modified: 13 Apr 2017 03:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48651

Actions (login required)

View Item View Item