PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI TIPE SYNDICATE GROUP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF SISWA KELAS X PAKET KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Anasbi, Sujarwa (2017) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI TIPE SYNDICATE GROUP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF SISWA KELAS X PAKET KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
13504241038_Anasbi Sujarwa_TAS.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran diskusi tipe syndicate group dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar mata pelajaran teknologi dasar otomotif siswa kelas X paket keahlian teknik kendaraan ringan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus menggunakan tiga tahapan PTK menurut Kemmis & McTaggart yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan dan pengamatan, dan (3) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR1 SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui lembar observasi pelaksanaan metode diskusi tipe syndicate group, angket motivasi belajar, dan tes prestasi belajar. Hasil dari penelitian ini yaitu penerapan metode pembelajaran diskusi tipe syndicate group dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar mata pelajaran teknologi dasar otomotif siswa kelas X paket keahlian teknik kendaraan ringan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya persentase motivasi belajar siklus I sebesar 5,17%, yaitu dari sebelum siklus 77,99% menjadi 83,16%. Pada siklus II juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 6,28% menjadi 89,44% yang termasuk dalam kategori “sangat baik”. Sedangkan prestasi belajar pada siklus I menurun 5,95 dari semester sebelumnya 75,42 menjadi 69,47 (52,63% lulus). Pada siklus II baru mengalami peningkatan sebesar 8,08 menjadi 83,50 dengan kelulusan 100% yang termasuk dalam kategori “sangat baik”. Selain itu, peningkatan motivasi dan prestasi belajar juga didukung oleh adanya korelasi yang sangat kuat (r=0,860) antara data awal dan akhir motivasi belajar serta korelasi yang kuat (r=0,614) antara data awal dan akhir prestasi belajar. Kata kunci: diskusi tipe syndicate group, motivasi belajar, prestasi belajar, PTK.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Otomotif > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT UNY
Date Deposited: 13 Apr 2017 03:32
Last Modified: 13 Apr 2017 03:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48646

Actions (login required)

View Item View Item