USAHA PENINGKATAN KREATIVITAS MELALUI METODE DESAIN DALAM PEMBELAJARAN GAMBAR PERSPEKTIF PADA SISWA SMP NEGERI 2 SAMBONG

Allam, Rizqi (2017) USAHA PENINGKATAN KREATIVITAS MELALUI METODE DESAIN DALAM PEMBELAJARAN GAMBAR PERSPEKTIF PADA SISWA SMP NEGERI 2 SAMBONG. S1 thesis, Pendidikan Seni Rupa FBS.

[img] Text
TAS RIZQI ALLAM.PDF
Restricted to Repository staff only until 12 April 2018.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kreativitas siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sambong dalam menggambar khususnya pada materi gambar perspektif melalui metode desain. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, subjek pada penelitian ini adalah pembelajaran menggambar dengan metode desain dalam pembelajaran menggambar perspektif pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Sambong. Objek penelitian meliputi objek material berupa gambar siswa dan objek formal berupa kreativitas siswa yang terkandung dalam gambar. Penelitian difokuskan pada tujuh karya siswa yang dipilih secara acak yang sesuai dengan topik utama gambar perspektif dengan metode desain, lalu dibandingkan dengan hasil wawancara dengan siswa, guru, dan kepala sekolah. Keabsahan data diperoleh melalui wawancara triangulasi partisipan aktif dengan guru pelajaran seni rupa SMP Negeri 2 Sambong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kreativitas siswa dalam menggambar. Hal itu dapat dilihat dari objek bentuk dan warna yang muncul pada gambar siswa yang menunjukkan ciri-ciri kreatif diantaranya kemampuan berpikir lancar terlihat dari siswa yang mampu mengungkapkan dan mendiskripsikan karya desain berupa gambar dengan jelas sesuai ide gagasannya. Kemampuan berpikir luwes dimana siswa dapat memunculkan ide atau hal-hal baru yang unik atau tidak biasa pada gambar, contohnya siswa dapat menciptakan berbagai macam objek benda pada gamba ruang yang mengandung maksud dan makna. Kreativitas dalam berpikir original terlihat dari hasil karya siswa yang berbeda dari yang lain karena dibuat dari ide gagasan masing- masing siswa. dan yang terakhir adalah ciri kreativitas siswa dalam memperinci atau mengembangkan yang dapat dilihat dari kemampuan siswa mengembangkan ide gagasan atau hal-hal secara detail dan terperinci pada gambar, salah saitu contohnya ciri kreativitas yang dapat dilihat dari karya siswa diantaranya munculnya objek dengan detail bentuk dan warna agar lebih menarik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 13 Apr 2017 03:34
Last Modified: 13 Apr 2017 03:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48638

Actions (login required)

View Item View Item