Model Evaluasi Program Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Madrasah Aliyah

Anidi, Anidi (2017) Model Evaluasi Program Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Madrasah Aliyah. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-anidi-08701261022.swf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengembangkan model evaluasi program pembelajaran yang memberikan informasi komprehensif, tepat, dan akurat, serta memberikan manfaat bagi guru PAI dan pimpinan madrasah, dalam pelaksanaan program pembelajaran pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah, (2) mengetahui cara menguji kecocokan model evaluasi program pembelajaran PAI pada madrasah aliyah yang valid, dan reliabel dan (3). mengetahui keefektifan penerapan model evaluasi program pembelajaran yang dikembangkan, melalui uji keefektifan model, Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R & D), mengacu pada model Borg & Gall, proses pengembangannya disederhanakan menjadi tiga langkah, yaitu: (1) tahap prapengembangan model, (2) tahap pengembangan model, dan (3) tahap operasional lapangan (pengujian model). Data dikumpulkan menggunakan kuesioner, wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Simpulan penelitian dan pengembangan ini adalah: 1) model evaluasi program Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dikembangkan terdiri: (a) prosedur evaluasi, (b) instrumen evaluasi, dan (c) panduan evaluasi, 2) Menurut para pakar, Guru PAI, dan Kepala Madrasah, prosedur, instrumen, dan panduan evaluasi yang dikembangkan sudah baik, 2) Instrumen yang dikembangkan seluruhnya valid (muatan faktor > 0,3), reliabel (CR > 0,7), serta memenuhi syarat sebagai model yang fit (RMSEA ≤0,08 dan NFI, CFI, serta GFI > 0,90). 3) Menurut penilaian para Pakar, Guru PAI, dan Kepala Madrasah, model evaluasi yang dikembangkan (model EPH) dinyatakan efektif, praktis, dan mudah digunakan, serta didukung instrumen yang valid dan reliabel.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: evaluasi program, pendidikan agama Islam
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Studi Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 11 Apr 2017 07:23
Last Modified: 11 Apr 2017 07:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48635

Actions (login required)

View Item View Item