LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Sayyidah Fatimah, Sayyidah Fatimah (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PT. Boga_15511247015_Sayyidah Fatimah.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Prakik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu program terpadu yang dilaksanakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa kependidikan di UNY. Program PPL ini merupakan sarana pengaplikasian ilmu yang telah diperoleh mahasiswa di bangku kuliah. Selain itu, program PPL ini merupakan salah satu wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat yang dalam hal ini adalah sekolah. Dalam hal ini masyarakat sekolah turut membantu serta mendukung pengembangan sekolah melalui program PPL. Program PPL di SMK Negeri 1 Sewon dimulai sejak 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Adapun pelaksanaan program PPL tersebut meliputi observasi sekolah, observasi kelas, persiapan mengajar dan RPP, praktik mengajar, mahasiswa menyiapkan perangkat pembelajaran yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran. Praktik mengajar mulai dilaksanakan pada tanggal 27 Juli sampai 4 September 2016. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa diberi kesempatan untuk mengajar pelajaran sanitasi hygiene dan keselamatan kerja di kelas X Jasa Boga 1 sampai Jasa Boga 4 dan X Patiseri alokasi waktu 2x45 menit. Mahasiswa diberi kesempatan mengajar 8 kali. Mahasiswa pun diberi kesempatan untuk mengajar di X Jasa Boga 4 untuk mata pelajaran boga dasar hingga 4 kali mengajar. Permasalahan yang ditemui mahasiswa PPL di SMK N 1 Sewon adalah adanya ketidakaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran (karakteristik siswa masingmasing kelas hampir sama), keadaan kelas yang kurang kondusif dikarenakan ada beberapa siswa yang sibuk mengobrol dengan temannya, dan siswa yang kurang aktif dalam bertanya tentang pelajaran pada saat teori. Siswa mudah lupa dan tidak mempelajari ulang atas teori yang diajarkan sebelum praktek dilaksanakan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapat pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, pembuatan media pembelajaran, proses pembelajaran, dan pengelolaan kelas. Mahasiswa dapat mengembangkan ilmu serta keterampilan mengajar yang dimiliki sesuai dengan bidang keilmuan yang ditempuh. Pengelolaan kelas sangat perlu ditingkatkan agar siswa dapat menerima materi pembelajaran dengan baik. Salah satu hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan pengelolaan kelas diantaranya adalah membangun komunikasi yang baik antara mahasiswa PPL dengan siswa-siswa, dan memotivasi siswa dalam proses pembelajaran sehingga terjalin kerjasama antara guru dan siswa ketika melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK N 1 Sewon
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Apr 2017 23:58
Last Modified: 01 Oct 2019 11:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48632

Actions (login required)

View Item View Item