PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATERI ELASTISITAS ZAT PADAT BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA KELAS X

Nur Apriliasari, Rizky and Ruwanto, Bambang (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATERI ELASTISITAS ZAT PADAT BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA KELAS X. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_RIZKY NUR APRILIASARI 13302241036.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk LKPD pada materi elastisitas zat padat berbasis PBL yang layak digunakan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar peserta didik, (2) mengkaji peningkatan partisipasi dan hasil belajar peserta didik kelas X pada materi elastisitas dengan menggunakan LKPD berbasis PBL, dan (3) mengkaji respon peserta didik kelas X setelah menggunakan LKPD berbasis PBL. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) dengan menggunakan model 4D, yaitu define, design, develop, dan disseminate. LKPD yang dikembangkan berbasis Problem Based Learing. Instrumen perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD serta instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan RPP, angket partisipasi, soal tes, dan angket respon peserta didik. Sebelum diujicobakan, perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian divalidasi dan direvisi berdasarkan masukan dari dosen pendidikan fisika dan guru SMA N 1 Jogonalan. Produk LKPD yang dikembangkan berbasis PBL diujicobakan di SMA N 1 Jogonalan kelas X MIA. LKPD berbasis PBL disebarkan kepada guru fisika di SMA N 1 Jogonalan dan SMA N 2 Klaten. Hasil dari penelitian ini adalah (1) dihasilkan LKPD pada materi elastisitas zat padat berbasis PBL yang layak untuk untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar peserta didik SMA kelas X dengan penilaian sangat baik serta reliabilitas berdasarkan nilai koefisien alpha LKPD I 0,935 (istimewa), LKPD II 0,972 (istimewa) dan nilai korelasi antar rater untuk LKPD I 0,877 (istimewa), LKPD II 0,946 (istimewa), (2) peningkatan partisipasi dan hasil belajar peserta didik ditunjukkan oleh nilai standard gain <

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 11 Apr 2017 07:08
Last Modified: 30 Jan 2019 13:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48629

Actions (login required)

View Item View Item