PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FISIKA SMA KELAS X

Widhi Harjayani, Christina and Wiyatmo, Yusman (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FISIKA SMA KELAS X. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk LKPD berbasis Multiple Intelligence yang layak, (2) meningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan LKPD berbasis Multiple Intelligence, dan (3) mengetahui respon peserta didik setelah menggunakan LKPD berbasis Multiple Intelligence. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang berorientasi untuk mengembangkan LKPD berbasis Multiple Intelligence dengan model pengembangan 4-D yaitu: tahap define, tahap design, tahap develop, dan tahap disseminate. Penilaian kelayakan LKPD berbasis berbasis Multiple Intelligence diperoleh dari hasil validasi dosen ahli, validasi guru fisika, uji coba terbatas, dan uji operasional. Data peningkatan hasil belajar difokuskan pada ranah kognitif yang diperoleh dari nilai pretest dan posttest. Data respon peserta didik diperoleh dari angket respon. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) LKPD berbasis Multiple Intelligence layak digunakan dalam pembelajaran fisika dengan nilai CVI 0,59 (sangat baik), nilai ICC didapatkan nilai sebesar 0,91 (istimewa) untuk LKPD I, 0,95 (istimewa) untuk LKPD II, dan 0,99 (istimewa) untuk LKPD III serta tingkat persetujuan secara berturut-turut pada LKPD I, II, dan III yaitu 97,57%, 99,45%, dan 99,5%, (2) besar peningkatan hasil belajar pada ranah kognitif didapatkan nilai gain sebesar 0,43 dengan kategori sedang, (3) respon peserta didik yang dianalisis menggunakan smpangan baku diperoleh rata-rata total sebesar 4,28 dengan kategori sangat baik. Kata-Kata Kunci: LKPD, Multiple Intelligence, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 11 Apr 2017 07:08
Last Modified: 30 Jan 2019 13:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48627

Actions (login required)

View Item View Item