Pengembangan Model Permainan Sepak Takraw sebagai Pembelajaran Pendidikan Jasmani bagi Anak Sekolah Dasar Kelas Atas

Artyhadewa, Mas Setiananda (2014) Pengembangan Model Permainan Sepak Takraw sebagai Pembelajaran Pendidikan Jasmani bagi Anak Sekolah Dasar Kelas Atas. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mas-setiananda-artyhadewa-12711251031.swf

Download (3MB)
[img] Text
produk-mas-setiananda-artyhadewa-12711251031.swf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model permainan sepak takraw sebagai pembelajaran pendidikan jasmani bagi anak sekolah dasar kelas atas. Model permainan sepak takraw yang dikembangkan diharapkan dapat digunakan oleh guru penjasorkes sekolah dasar sebagai bentuk pembelajaran permainan bola kecil khususnya sepak takraw secara baik dan efektif pada anak kelas atas. Penelitian ini melalui 9 tahapan dengan mengadaptasi penelitian dan pengembangan pendidikan model Borg & Gall sebagai berikut: (1) menilai kebutuhan untuk mengidentifikasi tujuan, (2) melakukan analisis instruksional, (3) menganalisis peserta didik dan bahan materi, (4) menulis tujuan kinerja, (5) mengembangkan instrumen penilaian produk, (6) mengembangkan strategi instruksional, (7) mengembangkan dan memilih bahan instruksional, (8) desain produk dan melakukan evaluasi formatif terhadap instruksi, dan (9) merevisi instruksi. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap 36 anak kelas atas SDN Minomartani 6 Ngaglik Sleman. Uji coba skala besar dilakukan terhadap 54 anak kelas atas dari SDN Minomartani 1 Ngaglik dan SDN Brengosan 2 Ngaglik Sleman. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah petunjuk umum wawancara, catatan lapangan, angket skala nilai validasi draf model, lembar observasi pengembangan model permainan, lembar observasi keefektifan pengembangan model permainan, dan kuesioner bagi siswa. Hasil penelitian berupa pengembangan model permainan sepak takraw terdiri dari 20 jenis permainan yang dikelompokkan menjadi lima kategori berdasarkan teknik dasar bermain yaitu sepakan, bertahan, servis, smash, dan game. Model permainan tersebut: (1) berdasarkan teknik sepakan: permainan bola apung, permainan bola jinak, permainan bola bumerang, permainan bolalik, dan permainan bolan; (2) berdasarkan teknik bertahan: permainan ombak bola, permainan bolarus, permainan bosi, permainan bolabola, dan permainan bona; (3) berdasarkan teknik servis: permainan bontung, permainan bolatong, permainan perang bola, permainan bolvis, dan permainan bovispo; (4) berdasarkan teknik smash: permainan bomes; dan (5) berdasarkan game: permainan mangdul, permainan bolnet, permainan bolnetri, dan permainan bola vokra. Model disusun dalam buku panduan berjudul “Panduan Bermain Sepak takraw: Pembelajaran Pendidikan Jasmani bagi Anak Sekolah Dasar Kelas Atas” dan DVD pengembangan model permainan sepak takraw. Berdasarkan penilaian para ahli materi dan guru penjasorkes dapat disimpulkan bahwa pengembangan model permainan sepak takraw yang disusun sangat baik dan efektif, sehingga model permainan layak digunakan untuk pembelajaran sepak takraw pada siswa kelas atas.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model permainan, sepak takraw
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2017 02:04
Last Modified: 29 Jan 2019 12:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48626

Actions (login required)

View Item View Item