LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Trisna Rahayu, Trisna Rahayu (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PT. Boga_15511247002_Trisna Rahayu.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)/ Magang III merupakan langkah strategis yang bertujuan untuk melengkapi kompetensi mengajar mahasiswa calon tenaga kependidikan. PPL mempunyai kegiatan yang terkait dengan proses pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. PPL ini diharapan dapat memberikan pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Dengan adanya PPL mahasiswa dapat mendarmabaktikan ilmu akademisnya di lapangan. Sebaliknya mahasiswa juga dapat belajar dari lapangan. Dengan demikian mahasiswa dapat memberi dan menerima berbagai keilmuan yang dapat menghantarkan mahasiswa menjadi calon tenaga pendidik professional. Program kegiatan mahasiswa PPL di SMK Negeri 1 Sewon meliputi kegiatan mengajar dan non mengajar. Kegiatan mengajar merupakan kegiatan yang berkaitan dengan pembelajaran antara lain: observasi, konsultasi dengan dosen/guru pembimbing, pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pembuatan media pembelajaran, membuat evaluasi pembelajaran, dan praktik mengajar terbimbing. Sedangkan kegiatan non mengajar/ tambahan adalah kegiatan yang berkaitan di luar pembelajaran antara lain: membantu kegiatan, membantu kegiatan sekolah, piket pagi/piket guru, upacara bendera, adiwiyata, dan penyusunan laporan PPL. Rencana kegiatan mengajar mahasiswa PPL sebanyak 216 jam dan rencana kegiatan non mengajar sebanyak 52 jam Hasil pelaksanaan PPL di SMK Negeri 1 Sewon adalah dapat terlaksananya kegiatan sebanyak 268 jam, dengan rincian kegiatan mengajar sebanyak 216 jam, kegiatan non mengajar/ tambahan sebanyak 52 jam. Dengan terlaksananya kegiatan PPL ini mahasiswa memperoleh pengalaman, wawasan, dan pengembangan dalam mengajar, peningkatan ketrampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah di kelas. Serta mendapat pengalaman tentang perangkat administrasi guru.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK Negeri 1 Sewon
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Apr 2017 03:20
Last Modified: 01 Oct 2019 11:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48625

Actions (login required)

View Item View Item