HUBUNGAN PEMANFAATAN MODUL PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR PEMBUATAN POLA KEMEJA PRIA KELAS XI DI SMK NEGERI 3 PURWOREJO

Deni Crisdiana, Seputra (2017) HUBUNGAN PEMANFAATAN MODUL PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR PEMBUATAN POLA KEMEJA PRIA KELAS XI DI SMK NEGERI 3 PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
skripsi pdf.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pemanfaatan modul pembelajaran pada pembuatan pola kemeja pria oleh siswa (2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam pembuatan pola kemeja pria yang memanfaatkan modul (3) Mengetahui seberapa besar hubungan yang signifikan antara pemanfaatan modul pembelajaran dengan hasil belajar siswa dalam pembuatan pola kemeja pria oleh siswa Jurusan Busana Butik kelas XI SMK N 3 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Busana Butik SMK N 3 Purworejo yang menempuh mata pelajaran Pembuatan Pola sebanyak 72 siswa. Sampel yang di gunakan sebanyak 67 siswa yang ditentukan dengan Nomogram Harry King, kemudian sampel ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument berupa angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemanfaatan modul oleh siswa 99% termasuk dalam kategori rendah, 1% termasuk dalam kategori sangat rendah, dengan mean sebesar 46,64, (2) hasil belajar Pembuatan Pola Kemeja Pria 39% berhasil mencapai nilai KKM dan 41% berada di bwah nilai KKM dengan mean sebesar 75, (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara pemanfaatan modul dengan hasil belajar dengan perolehan rhitung (0,254) > rtabel (0,235) yang berarti terdapat hubungan antara pemanfaatan modul dengan hasil belajar. Kata Kunci: hubungan, modul, hasil belajar pembuatan pola kemeja pria.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 11 Apr 2017 01:53
Last Modified: 30 Jan 2019 13:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48619

Actions (login required)

View Item View Item