Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Sains Teknologi Masyarakat Terintegrasi Nilai Islam untuk Meningkatkan Sikap Spiritual, Keterampilan Proses dan Pemahaman Konsep

Rosi, Fathur (2015) Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Sains Teknologi Masyarakat Terintegrasi Nilai Islam untuk Meningkatkan Sikap Spiritual, Keterampilan Proses dan Pemahaman Konsep. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fathur-rosi-13708259038.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis STM terintegrasi nilai Islam yang layak digunakan dalam pembelajaran IPA di SMP/MTs, dan (2) mengetahui perbedaan sikap spiritual, keterampilan proses dan pemahaman konsep siswa yang menggunakan modul pembelajaran IPA berbasis STM terintegrasi nilai Islam dengan siswa tanpa menggunakan modul pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan mengadaptasi model Borg & Gall (1983). Prosedur meliputi sepuluh langkah yaitu (1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi; (2) perencanaan; (3) pengembangan produk awal; (4) validasi produk awal; (5) uji coba terbatas; (6) revisi; (7) uji coba lapangan; (8) revisi; (9) produk utama; (10) diseminasi terbatas. Penelitian bertempat di MTs Negeri Arjasa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi modul pembelajaran, angket, lembar observasi sikap spiritual,penilaian diri sikap spiritual, lembar observasi keterampilan proses sains, dan tes (pre-test dan post-test). Teknik analisis yang digunakan adalah menghitung skor rata-rata yang dikategorisasi dan uji T dengan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) modul pembelajaran IPA berbasis STM terintegrasi nilai Islam layak digunakan berdasarkan validasi ahli modul, guru IPA dan teman sejawat. (2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan sikap spiritual antara siswa yang menggunakan modul pembelajaran IPA berbasis STM terintegrasi nilai Islam dengan siswa yang tanpa modul, tetapi terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan proses dan pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: modul pembelajaran, IPA
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 10 Apr 2017 03:15
Last Modified: 29 Jan 2019 12:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48607

Actions (login required)

View Item View Item