LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PPL

CHAIRUDDIN ANWAR, CHAIRUDDIN ANWAR (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PPL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13413241054 CHAIRUDDIN ANWAR.pdf

Download (28MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan salah satu mata kuliah wajib lulus bagi mahasiswa Strata 1 program studi kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini menjadi sarana mahasiswa untuk menerapkan ilmu dan teori yang sudah dipelajar di bangku perkuliahan secara nyata sebagai seorang pendidik. Kegiatan PPL menempatkan mahasiswa untuk melakukan interaksi langsung kepada siswa, guru, dan juga kultur sekolah. Interaksi yang dilakukan tidak hanya sekedar ketika jam pelajaran tetapi dilakukan selama kegiatan PPL untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa PPL. Kegiatan PPL pada tahun akademik 2015/2016 berlangsung selama dua bulan terhitung dari tangga 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. PPL dilaksanakan di SMA Negeri 1 Srandakan. Sebelum pelaksanaan PPL terlebih dahulu dilakukan kegiatan observasi di bulan Februari dan Maret 2016 untuk mengetahui tentang kondisi sekolah dan kegiatan pembelajaran yang berlangsung. . Kegiatan PPL berlokasi di SMA Negeri 1 Srandakan. Sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar, kegiatan PPL diawali dengan kegiatan observasi pra PPL di bulan Juni 2015. Kegiatan PPL tahun ini meliputi : observasi, pembuatan perangkat pembelajaran, kegiatan belajar mengajar, hingga evaluasi pembelajaran. Seluruh kegiatan tersebut dikoordinasi dan dikonsultasikan dengan guru pembimbing di sekolah serta Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dalam pelaksanaan PPL ini, mahasiswa (penulis) berkesempatan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas X.5 dan XI IPS 2. kurikulum yang digunakan di sekolah ini adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), sehingga penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disesuaikan dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada KTSP. Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, diskusi kelompok dan presentasi. Sedangkan media pembelajaran yang digunakan adalah berupa film media pembelajaran. Peralatan yang digunakan antara lain white board, dan spidol. Dalam ketentuan PPL mahasiswa praktikan diwajibkan mengajar selama minimal 8 kali tatap muka untuk,. Alokasi waktu setiap pertemuan adalah 2 jam pelajaran untuk kelas X dan 3 jam pelajaran untuk kelas XI. Jadi dalam satu minggu mahasiswa praktikan mengajar 5 jam pelajaran. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas, serta evaluasi pembelajaran. Selain itu mahasiswa juga mendapatkan ilmu tentang bagaimana cara berinteraksi dan mengelola siswa di luar kelas. Karena guru tidak hanya memberikan ilmu dikelas namun juga mendidik siswa di luar kelas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, Perangkat Pembelajaran, Proses Pembelajaran.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Apr 2017 03:04
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48606

Actions (login required)

View Item View Item