PENDAMPINGAN ANAK DALAM KELUARGA DI TK PERTIWI KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS

Apriliana Ega Saputri, Aprilia (2017) PENDAMPINGAN ANAK DALAM KELUARGA DI TK PERTIWI KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
ega_SKRIPSI PENDAMPINGAN ANAK DALAM KELUARGA DI TK PERTIWI KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) bentuk pendampingan anak dalam keluarga di TK Pertiwi Kebasen, 2) faktor pendukung dan faktor penghambat pada pendampingan anak di dalam keluarga di TK Pertiwi Kebasen. penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian di TK Pertiwi Kebasen. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah TK Pertiwi Kebasen, orang tua/wali siswa di TK Pertiwi Kebasen, dan siswa di TK Pertiwi Kebasen. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Triangulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) bentuk pendampingan anak dalam keluarga meliput dalam sikap, berperilaku, berbicara, belajar, dan beribadah. bentuk pendampingan bersikap seperti membiasakan anak bersikap yang baik atau terpuji dan memberikan pengertian mengenai sikap yang tidak boleh dilakukan dan dibiasakan oleh anak, dan mengawasi anak dalam kehidupan sehari-hari. Bentuk pendampingan perilaku seperti mengajari anak untuk menghormati orang yang lebih tua, berperilaku sopan, disiplin, jujur, tanggung jawab. Pendampingan dalam berbicara seperti tidak menghardik anak, dan mengajak anak bercerita mengenai hal yang dialami anak. Pendampingan belajar seperti mendampingi anak saat belajar dengan mengenal angka, huruf, belajar berhitung dan membaca serta mengikutsertakan anak dalam kegiatan les. Pendampingan beribadah seperti mengajari anak cara sholat, mengaji, menghafal doa sehari – hari serta dengan memasukkan anak ke TPA. Cara pendampingan anak dilakukan dengan memberikan contoh yang baik (keteladanan), membangun rasa empati (peduli dan berbagi), memberikan kepercayaan, menumbuhkan motivasi, menciptakan kebersamaan, memberi rasa tanggungjawab, dan memberi penghargaan/penguatan. 2) Faktor pendukung pendampingan anak di dalam keluarga di TK Pertiwi Kebasen yaitu faktor kesabaran orang tua dan Partisipasi anak dalam kegiatan pendampingan. Sementara faktor penghambatnya yaitu jadwal kegiatan pendampingan kurang teratur, ariasi kegiatan yang sedikit dan lingkungan sekitar anak. Kata kunci : pendampingan anak, keluarga

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 11 Apr 2017 01:51
Last Modified: 30 Jan 2019 13:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48594

Actions (login required)

View Item View Item