Vida Khotrunada, Vida Khotrunada (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
VIDA KHOTRUNADA 13405241033.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan untuk mengasah kemampuan, pengetahuan dan ketrampilan mahasisswa sebagai calon tenaga pendidik yang profesional. Pelaksanaan PPL diharapkan seluruh mahasiswa dapat memperoleh pengalaman serta dapat mempraktikkan seluruh teori-teori yang diperolehnya selama kuliah ke dalam kondisi yang nyata, yakni di sekolah-sekolah tempat pelaksanaan PPL, sebelum para mahasiswa dinyatakan lulus dan benar-benar terjun kedunia kependidikan yang sesungguhnya. Kegiatan PPL dilaksanakan di SMA Negeri 1 Srandakan yang dimulai dari mulai tanggal 15 Juli 2016 hinggsa tanggal 15 September 2016. Adapun kegiatan yang dilaksanakan selama PPL selain kegiatan pokok turut serta dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM) adalah kegiatan-kegiatan yang melingkupi kegiatan penunjang keprofesian guru seperti turut serta dalam setiap agendaagenda kegiatan yang dilaksanakan oleh guru maupun para siswa. Hasil observasi yang dilakukan sebelum pelaksanaan PPL diperoleh beberapa data terkait analisis situasi dan kondisi sekolah yang secara garis besar mengungkapkan bahwa SMA Negeri 1 Sranadakan dari segi kondisi fisik memiliki berbagai sarana dan prasarana yang diantaranya berupa akses wifi gratis, Soundsystem, kipas angin, dan lain sebagainya yang telah terpasang diseluruh ruangan kelas dan labolatorium. Sedangkan ditinjau dari segi non fisik berupa input siswa dan guru SMA Negeri 1 Srandakan merupakan salah satu sekolah favorit yang telah mengeluarkan SDM yang berkualitas dan sangat memungkinkan sekali menunjang dalam segala bentuk proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Selain itu, kegiatan non akademik berupa kegiatan intra dan ekstrakurikuler sekolah sangat didukung dan difasilitasi sepenuhnya oleh pihak sekolah, berupa ruangan dan alat-alat penunjang sebagai wadah untuk meningkatkan kemampuan daya kreatifitas siswa-siswa dalam mengembangkan potensi, minat dan bakat mereka. Selama proses kegiatan PPL, penulis didampingi oleh Ibu Ismi Nuryati selaku guru mata pelajaran Geografi dan sekaligus sebagai guru pendamping. Penulis mendapatkan pembagian tugas mengajar kelas utama yaitu di kelas X1, X2, X3, X4, dan X5. Berdasarkan hal tersebut, secara keseluruhan maka penulis telah memperoleh pengalaman mengajar sejumlah 29 kali tatap muka dengan total alokasi waktu sejumlah 58 jam selama PPL di SMA Negeri 1 Srandakan. Adapun keseluruhan jumlah jam yang telah terlaksana sesuai dengan matriks program kerja individu PPL tahun 2016 sejumlah 309,5 jam yang meliputi dari proses persiapan, pelaksanaan dan evaluasi.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, Geografi, Mengajar. |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 10 Apr 2017 00:42 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:42 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48593 |
Actions (login required)
View Item |