LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL)

Isna Khoirun Nisa, Isna Khoirun Nisa (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PPL ISNA KHOIRUN NISA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Program kegiatan PPL di SMA N 1 Srandakan, merupakan salah satu ajang bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa jurusan kependidikan dalam mengamalkandan mengaplikasikan ilmu yang telah didapat di bangku kuliah untuk diterapkan secara nyata di lingkungan sekolah. Tujuan dari kegiatan PPL ini adalah untuk memberikan bantuan baik berupa fisik maupun nonfisik dalam merencanakan program dan pembangunan sekolah. Program PPL di SMA N 1 Srandakan, dilaksanakan pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Dalam pelaksanaan PPL ini praktikan melaksanakan berbagai program kegiatan baik yang bersifat kelompok maupun individu. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk melatih praktikan dalam menerapkan kemampuannya dan pengetahuannya serta mempraktikkan ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan. Dengan demikian, praktikan diharapkan mempunyai bekal dan pengalaman sebagai calon pendidik yang berkualitas. Dalam kegiatan praktik mengajar di sekolah, secara langsung praktikan dibimbing oleh guru pembimbing dan dosen pembimbing. Praktikan juga berperan dalam kegiatan persekolahan lainnya seperti piket harian, pendamping karnaval dan lain-lain. Dengan adanya pengalaman tentang penyelenggaraan sekolah ini diharapkan praktikan mempunyai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional. Selama berlangsungnya kegiatan program PPL UNY 2016 di SMA N 1 Srandakan, salah satu program unggulan yang dilaksanakan oleh praktikan adalah mengajar. Di dalam kegiatan mengajar ini, praktikan juga memberikan penugasan kepada siswa untuk mencari pengertian dan contoh dalam kehidupan sehari-hari materi konsep geografi. Penugasan ini, selain diambil nilai juga melatih siswa untuk memahami konsep geografi yang ada di sekitar kita. Geografi lebih mengedepankan konteks keruangan dan kewilayahan. Melalui penugasan ini, siswa dapat lebih paham akan fenomenafenomena yang ada di seluruh permukaan bumi ini.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL(Praktek Pengalaman Lapangan, SMA N 1 Srandakan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Apr 2017 00:34
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48590

Actions (login required)

View Item View Item