LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 SRANDAKAN

Nasikah, Ainun (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 SRANDAKAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13304241008 AINUN NASIKAH.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan wahana bagi mahasiswa untuk melatih diri dan menambah pengalaman dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah. PPL bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar dan diharapkan dengan PPL ini dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Dengan PPL ini pula, mahasiswa dihadapkan pada kondisi dan fakta yang sesungguhnya tentang dunia yang nanti akan digelutinya. Tentang sekolah dan lingkungannya, tentang berbagai macam guru dan penyikapannya, tentang kelengkapan alat dan bagaimana cara pemanfaatannya, dan tak kalah penting adalah soal siswa dan berbagai jenis karakter dan cara untuk menanganinya. Kegiatan PPL Universitas Negeri Yogyakarta (PPL UNY) dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli sampai 15 September 2016 di SMA Negeri 1 Srandakan. Kegiatan yang dilakukan meliputi observasi sekolah maupun pembelajaran di kelas, konsultasi dengan guru pembimbing, membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), menyiapkan media yang sesuai dengan bahan ajar dan karakteristik siswa. Praktik mengajar dilakukan pada kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 sebanyak empat kali dibawah bimbingan guru. Selain praktik mengajar, dilakukan juga kegiatan persekolahan antara lain pendampingan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah), Persiapan Hari Ulang Tahun sekolah, Persiapan Karnaval 17 Agustusan dan kegiatan non mengajar seperti Piket harian, menyiapkan alat praktikum dan bimbingan dengan DPL. Kegiatan PPL yang telah dilaksanakan dapat meningkatkan pengalaman dan pengetahuan mahasiswa sebagai calon guru/pendidik, seperti kemampuan mengenali karakteristik siswa, memilih metode yang sesuai dengan siswa, kemampuan mengelola kelas, dan kemampuan melakukan variasi langkah pembelajaran apabila kondisi kelas tidak sesuai dengan yang direncanakan pada RPP. Selain itu, dengan pelaksanaan PPL mahasiswa juga mendapat pengalaman bersosialisasi dengan seluruh warga sekolah, mengetahui kegiatan administrasi sekolah dan mengetahui program-program dan kegiatan yang dilaksanakan di sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information: Yuni Wibowo, M.Pd. (Dosen Pembimbing Lapangan)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMA Negeri 1 Srandakan, UNY
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Apr 2017 00:24
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48589

Actions (login required)

View Item View Item