LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Rizki Rahma Nurwahyuni, Rizki Rahma Nurwahyuni (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13303244016 RIZKI RAHMA NURWAHYUNI.pdf

Download (46MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilakukan di SMA Negeri 1 Srandakan yang terletak di Jl. Pandansimo No. 1 Srandakan, Bantul. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diambil oleh Mahasiswa UNY. Melalui PPL, kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial juga dikembangkan dalam kegiatan ini. Dengan adanya kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini diharapkan mahasiswa mempunyai bekal dan pengalaman sebagai calon pendidik yang berkualitas. Program PPL di SMA N 1 Srandakan, dilaksanakan pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Dalam hal ini sebelum melakukan PPL, mahasiswa mengadakan observasi terhadap kegiatan pembelajaran yang ada di SMA Negeri 1 Srandakan. Berdasarkan hasil observasi tersebut, mahasiswa melakukan konsultasi terhadap DPL PPL untuk menindaklanjuti pembuatan RPP dan program kerja yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan sekolah. Pada kegiatan PPL ini, praktikan mendapat tugas untuk mengajar kelas X2, X4, XI IPA 1, XI IPA 2, XII IPA 1, dan XII IPA 2. Dalam kegiatan praktik mengajar di sekolah, secara langsung praktikan dibimbing oleh guru pembimbing dan dosen pembimbing. Praktikan juga berperan dalam kegiatan persekolahan lainnya seperti piket harian, pendampingan MPLS, upacara bendera, pesiapan peringatan HUT SMA, upacara Peringatan 17 Agustus, pendampingan karnaval, dan pemilihan OSIS. Dalam kegiatan PPL di SMA Negeri 1 Srandakan, mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung secara nyata berkaitan dengan perencanaan dan pembuatan perangkat pembelajaran, kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas serta kegiatan sekolah lainnya. Sehingga, mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu yang telah diperoleh dan dimiliki sesuai dengan prodi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMA Negeri 1 Srandakan, Mengajar.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Apr 2017 00:21
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48588

Actions (login required)

View Item View Item