LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

UMI RAHMAWATI, UMI RAHMAWATI (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Umi Rahmawati-13209244016-FBS-Pend.Seni Tari.pdf

Download (40MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universita Negeri Yogyakarta tahun 2016 dilaksanakan bersamaan dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN), namun pelakanaan KKN tidak disekolah. Lokasi PPL yaitu di SMK N 1 Bantul Jalan Parangtritis Km. 11 Sabdodadi Bantul dilaksanakan pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Kelompok PPL terdiri dari 12 mahasiswa dengan berbeda jurusan yaitu : Adminitrasi Perkantoran (3 mahasiswa), Bimbingan Konseling (2 mahasiswa), Tehnik Informatika (4 mahasiswa), Seni Tari (3 mahasiswa). Selama Praktik Pengalaman Lapangan ( PPL ) mahasiswa praktikan mengajar terbimbing dan mengajar mandiri di sembilan kelas yaitu XI MM 1,2, XI RPL 1,2, XI PM 2,3, XI AK 2,3,4. Praktik Pengalaman Lapangan ( PPL ) mempunyai kegiatan yang terkait dengan proses pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. Mata kuliah ini diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Pendidik harus memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai agen pembelajaran, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan.Hasil yang dicapai dari pelaksanaan praktik mengajar individu tersebut adalah memberikan perubahan proses pembelajaran yang aktif dan menarik. Kegiatan PPL juga dimulai dengan observasi, konsultasi dengan guru pembimbing dan DPL untuk proses belajar mengajar. Program PPL selain sebagai wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi mahasiswa, juga menjadi usaha Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut berkontribusi dalam mentransformasikan nilai-nilai kependidikan kepada sekolah tersebut. Harapannya, bukan hanya transfer of knowledge yang diberikan mahasiswa, tetapi juga transfer of value. Keberadaan mahasiswa PPL UNY diharapkan dapat membuat perubahanperubahan sebagai upaya memajukan pendidikan Indonesia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, program,hasil,SMK N 1 Bantul
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Apr 2017 07:03
Last Modified: 01 Oct 2019 11:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48581

Actions (login required)

View Item View Item