Nilai Filosofi Pacu Jalur dalam Representasi Pendidikan Karakter di Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau

Syahroni, Syahroni (2017) Nilai Filosofi Pacu Jalur dalam Representasi Pendidikan Karakter di Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-syahroni-14724251002.swf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) nilai filosofi yang terkandung dalam Pacu Jalur yang dapat direpresentasikan ke dunia pendidikan, (2) proses pembentukan karakter melalui aktivitas Pacu Jalur, dan (3) peran masyarakat dalam mendidik pelajar melalui aktivitas Pacu Jalur Kabupaten Kuantan Singingi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan metode kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari pemangku adat, dukun Jalur, ketua pemuda, dan masyarakat yang terlibat dalam aktivitas Jalur. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan analisis dokumen. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif secara interaktif maju berkelanjutan di antara pengumpulan data, pengorganisasian data, pengkodean dan pengkategorian data, identifikasi konsep, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan tiga temuan. Pertama, nilai karakter yang terkandung dalam aktivitas Pacu Jalur yaitu berupa religi, bertanggung jawab, disiplin, patuh pada aturan sosial, nasionalis, dan menghargai keberagaman. Kedua, realisasi pembentukan nilai karakater dalam aktivitas Jalur, mulai dari musyawarah masyarakat guna menemukan kata sepakat untuk pembuatan Jalur. Kemudian tahap pembuatan dan latihan hingga Jalur turun ke gelanggang event Pacu Jalur. Ketiga, peran masyarakat dalam mendidik pelajar melalui aktivitas Pacu Jalur dengan kaidah-kaidah budaya setempat Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pacu jalur, pendidikan karakter
Subjects: Seni dan Budaya > Arts in general
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Seni
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2017 07:01
Last Modified: 29 Jan 2019 12:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48580

Actions (login required)

View Item View Item