LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI

TITIN PURNAMASARI, TITIN PURNAMASARI (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Titin Purnamasari-13802241036-FE-Pend.Adm.Perkantoran.pdf

Download (46MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)/Magang III mempunyai kegiatan yang terkait dengan proses pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program kependidikan sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan gelar sebagai sarjana pendidikan selain pelaksanaan KKN dan Tugas Akhir serta Skripsi di Universitas Negeri Yogyakarta. Mata kuliah ini diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Pendidik harus memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai agen pembelajaran, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan. Pelaksanaan program PPL dimulai dari tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016 di SMK N 1 Bantul. Pelaksanaan program diisi dengan observasi sekolah, observasi kelas, konsultasi kepada pihak sekolah dan Dosen Pembimbing Lapangan, pembuatan administrasi guru (membuat soal praktik administrasi sarana dan prasarana, membuat soal evaluasi, membuat agenda harian, membantu administrasi guru, membuat RPP, dan membuat materi ajar), praktik mengajar dan evaluasi. Evaluasi meliputi pembuatan soal dan teori serta pembuatan tugas untuk siswa. Hasil yang dicapai dari pelaksanaan program individu tersebut adalah memberikan perubahan proses pembelajaran yang aktif, kreatif dan menarik. Tuntutan peningkatan penyelenggaraan program PPL/Magang mengandung konskuensi pada pengelolaan dan manajemen yang profesional, sehingga dapat diciptakan sistem yang efektif dan efisien. Program Praktik Pengalaman Lapangan selain sebagai wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi mahasiswa, juga menjadi usaha Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut berkontribusi dalam mentransformasikan nilai-nilai kependidikan kepada sekolah tersebut. Hasil Praktik Pengalaman Lapangan nantinya dapat digunakan sebagai acuan dalam mengembangkan dan memajukan pendidikan di Indonesia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, kegiatan, hasil, pendidik
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Apr 2017 06:42
Last Modified: 01 Oct 2019 11:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48579

Actions (login required)

View Item View Item