LAPORAN INDIVIDU

Pipit Ayudiawati, Pipit Ayudiawati (2016) LAPORAN INDIVIDU. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pipit Ayudiawati-13520241084-FT-PTI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan sarana bagi mahasiswa kependidikan untuk dapat melakukan praktik mengajar di sekolah sehingga mahasiswa dapat menerapkan teori yang didapat di perkuliahan ke peserta didik yang sesungguhnya. Tujuan dari pelaksanaan PPL adalah memberikan pengalaman mengajar bagi mahasiswa agar dapat memahami kondisi kegiatan belajar mengajar di sekolah dan dapat mengembangkan kemampuan mengajarnya. Mahasiswa diharapkan tidak hanya memiliki penguasaan materi yang baik, namun juga kemampuan untuk menyampaikan materi kepada peserta didik dan pengelolaan kelas yang baik, sehingga praktikan memiliki ketrampilan mengajar yang dapat menjadi bekal sebagai calon pendidik yang kompeten. Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan di SMK Negeri 1 Bantul yang beralamat di Jalan Parangtritis Km 11, Sabdodadi, Bantul, selama kurang lebih dua bulan. Pada pelaksanaannya, praktikan melakukan praktik mengajar di jurusan Multimedia mata pelajaran Pengolahan Citra Digital di kelas XI MM 1 yang beranggotakan 33 orang, dan XI MM 2 yang juga beranggotakan 33 orang. Berdasarkan catatan, praktikan telah melakukan praktik mengajar di kelas sebanyak 11 kali pertemuan. Pelaksanaan praktik mengajar juga mencakup tahap persiapan, yaitu penyusunan program tahunan, penyusunan program semester, penyusunan rencana pembelajaran, pembuatan media pembelajaran, dan membuat instrumen evaluasi. Tahapan persiapan lalu dilanjutkan dengan tahapan pelaksanaan dan evaluasi. Dalam melaksanakan pembelajaran praktikan menggunakan metode yang bervariasi, di antaranya ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Media yang digunakan dalam proses pembelajaran yaitu whiteboard, spidol, LCD Proyektor dan laptop. Secara keseluruhan, pelaksanaan praktik pengalaman mengajar telah berjalan dengan baik. Terdapat hambatan yang ditemui di lapangan, namun praktikan btelah berupaya memberikan solusi agar proses pembelajaran dapat berjalan sebaik-baiknya. Melalui PPL praktikan mendapatkan pelatihan dan pengalaman dalam mengajar serta memberikan wawasan mengenai kondisi dan pengelolaan kelas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Pengalaman Praktek Lapangan(PPL), SMK Negeri 1 Bantul, Pengolahan Citra Digital
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Apr 2017 06:26
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48577

Actions (login required)

View Item View Item