PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG OPERASI HITUNG PECAHAN MELALUI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS V SDN BAKALAN, SEWON, BANTUL

Puspitasari, Renita (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG OPERASI HITUNG PECAHAN MELALUI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS V SDN BAKALAN, SEWON, BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Renita Puspitasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika tentang operasi hitung pecahan melalui Pendidikan Matematika Realistik pada siswa kelas V SDN Bakalan, Sewon, Bantul. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif dengan guru kelas. Desain penelitian menggunakan model Kemmis & Mc Taggart Subjek penelitian ini meliputi siswa kelas V yang berjumlah 31 siswa. Objek penelitian adalah hasil belajar matematika pada materi operasi hitung pecahan melalui Pendidikan Matematika Realistik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi dan tes. Observasi digunakan untuk memperoleh data tentang pelaksanaan proses pembelajaran operasi hitung pecahan dengan menerapkan Pendidikan Matematika Realistik dan tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar matematika pada siswa kelas V melalui Pendidikan Matematika Realistik. Pada pra tindakan terdapat 7 siswa (22,58%) yang mencapai KKM. Pada siklus I sebanyak 20 siswa (64,51%) telah mencapai KKM. Persentase aktivitas siwa pada siklus I yaitu 70%. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 28 siswa (90,32%) telah mencapai KKM. Persentase aktivitas siswa pada siklus II yaitu 86,21%. Kata kunci: hasil belajar, Matematika, Pendidikan Matematika Realistik, siswa SD.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2017 05:39
Last Modified: 30 Jan 2019 13:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48575

Actions (login required)

View Item View Item