LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 1 BANTUL

Dyah Ayu Dhamayanti, Dyah Ayu Dhamayanti (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 1 BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dyah Ayu Dhamayanti-13520244005-FT-PTI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta memiliki program PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) yang wajib ditempuh setiap mahasiswa S1 kependidikan. PPL yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon atau sebagai tenaga kependidikan kelak. Kegiatan tersebut sebagai salah satu proses penyempurnaan dari pengetahuan teori yang telah diperoleh di kampus. Pengetahuan yang diperoleh dari kampus tidaklah cukup tanpa wujud tindakkan nyata, wujud tindakkan tersebut dapat diperoleh melalui kegiatan PPL. Tujuan PPL adalah memberikan kesempatan dan pengalaman secara nyata kepada mahasiswa untuk melatih dan meningkatkan kualitas dalam kegiatan pembelajaran. Mahasiswa dituntut untuk dapat menerapkan ilmu dan pengetahuannya yang didapat dari bangku perkuliahan ke dalam lingkungan pendidikan sesungguhnya. Dengan adanya program PPL ini, diharapkan mahasiswa dapat memiliki bekal ketrampilan dan pengetahuan untuk mengembangkan dirinya sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Dalam kesempatan ini sasaran kegiatan program PPL dilaksanakan di SMK N 1 Bantul yang bertempat di Jalan Parangtritis Km 11 Sabdodadi Bantul. Dalam berlangsungnya program PPL yang terhitung sejak tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016, kegiatan dilaksanakan dengan praktik mengajar, di mana mahasiswa terjun secara langsung bertatap muka langsung dengan para siswa di dalam kelas untuk melaksanakan proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar). Mahasiswa praktikan mengampu empat kelas sekaligus, yakni kelas X MM 1, X MM 2 untuk materi Pemrograman Web, XI MM 1, dan XI MM 2 untuk materi Teknik Animasi 2 Dimensi. Mahasiswa memiliki alokasi waktu 4 jam setiap kali tatap muka untuk mengoptimalkan proses KBM. Mahasiswa juga dihadapkan pada persiapan yang harus dilalui setiap kali tatap muka kepada siswa, seperti membuat perangkat rencana belajar, slide presentasi, Metode pembelajaran, serta data administrasi mengajar untuk mata pelajaran Multimedia. Metode yang digunakan cukup bervariasi, yakni proses diskusi antarsiswa, tanya jawab, dan ceramah. Beberapa media juga ikut mendukung dan menunjang kegiatan mengjar, yakni dengan menggunakan media proyektor, media kertas, papan tulis, komputer, dan laptop. Pengarahan kepada guru pembimbing pun selalu dilakukan sebelum pelajaran ataupun ketika terjadi kendala pada saat proses KBM berlangsung. Bimbingan dan arahan dilakukan untuk mengetahui indikator berhasilnya proses KBM, tidak luput proses evaluasi dilakukan sesudah proses pembelajaran selesai dilakukan. Dengan dilaksanakannya prgram PPL ini, mahasiswa mendapat pengalaman nyata yang dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya dalam dunia pendidikan untuk menjadi calon guru profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), SMK Negeri 1 Bantul, Multimedia, Pemrograman Web, Teknik Animasi 2 Dimensi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Apr 2017 03:35
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48567

Actions (login required)

View Item View Item