PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS DAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Imam, Fazri (2017) PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS DAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk mengetahui: (1) pengaruh pola asuh demokratis terhadap prestasi belajar siswa; (2) pengaruh motivasi berprestasi siswa terhadap prestasi belajar siswa; (3) pengaruh pola asuh demokratis dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa; (4) sumbangan pola asuh demokratis dan motivasi berprestasi siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto. Penelitian ini adalah penelitian populasi dengan responden yang berjumlah 58 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuisioner atau angket. Validitas instrumen menggunakan validitas konstruk yang sebelumnya dilakukan judgement expert dan uji empirik dengan teknik korelasi Product Moment, sedangkan uji reliabilitas instrumen digunakan rumus Alpha Cronbach. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif, uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Uji statistik menggunakan regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan pola asuh demokratis terhadap prestasi belajar siswa, hal tersebut ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,413 dan harga Fhitung 11,520 lebih besar dari Ftabel 4,013 pada taraf signifikansi 5%, dengan koefisien determinasi (r2) 0,171; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi berprestasi siswa terhadap prestasi belajar siswa, hal ini ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,587 dan harga Fhitung 29,458 lebih besar dari Ftabel 4,013 pada taraf signifikansi 5%, dengan koefisien determinasi (r2) 0,345; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan pola asuh demokratis dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa, hal ini ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi sebesar Ry(1,2) 0,590 dan nilai Fhitung 14,708 > Ftabel 3,165; (4) terdapat sumbangan pola asuh demokratis dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video di SMK Negeri 3 Yogyakarta, hal ini ditunjukan dengan nilai koefisien determinasi (r2) sebesar 0,348. Sumbangan efektif pola asuh demokratis sebesar 3,18% sedangkan sumbangan efektif motivasi berprestasi siswa sebesar 31,62%. Jadi sumbangan efektif yang diberikan sebesar 34,80%. Kata kunci: pola asuh demokratis, motivasi berprestasi siswa, prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 11 Apr 2017 01:44
Last Modified: 30 Jan 2019 13:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48565

Actions (login required)

View Item View Item