Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri SMP Kelas VIII Berbasis Masalah dengan Penggunaan Program GeoGebra yang Berorientasi pada Prestasi Belajar dan Rasa Percaya Diri Siswa

Astuty, Veronica Wiwik Dwi (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri SMP Kelas VIII Berbasis Masalah dengan Penggunaan Program GeoGebra yang Berorientasi pada Prestasi Belajar dan Rasa Percaya Diri Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-veronica-wiwik-dwi-astuty-14709251063.swf

Download (11MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan perangkat pembelajaran geometri SMP kelas VIII berbasis masalah dengan penggunaan Program GeoGebra yang berorientasi pada prestasi belajar dan rasa percaya diri siswa yang berkualitas baik. Perangkat pembelajaran ini berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Kualitas hasil pengembangan ditentukan berdasarkan kriteria Nieveen yaitu valid, praktis, dan efektif. Materi yang dikembangkan adalah materi lingkaran di kelas VIII semester 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang diterapkan adalah model Plomp yang terdiri dari fase penelitian awal, pengembangan, dan penilaian. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa di SMP N 3 Kalasan, Kabupaten Sleman. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian perangkat pembelajaran oleh guru, lembar observasi keterlaksanaan proses pembelajaran, tes prestasi belajar, angket penilaian kepraktisan perangkat pembelajaran oleh siswa, dan angket rasa percaya diri siswa. Perangkat pembelajaran dikatakan valid jika hasil penilaian pada ahli minimal mencapai kategori “baik”. Perangkat pembelajaran dikatakan praktis jika hasil penilaian guru, hasil penilaian siswa, dan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran masing-masing minimal mencapai kategori “baik”. Perangkat pembelajaran dikatakan efektif jika persentase banyaknya siswa yang tuntas pada tes prestasi belajar minimal mencapai 75%, total skor angket rasa percaya diri siswa akhir lebih dari total skor angket rasa percaya diri awal, dan minimal 75% siswa berada pada kategori minimal “tinggi”. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran geometri SMP kelas VIII berbasis masalah dengan penggunaan Program GeoGebra yang berorientasi pada prestasi belajar dan rasa percaya diri siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa RPP dan LKS yang dikembangkan valid dengan kategori “sangat valid”. RPP dan LKS yang dikembangkan praktis dan efektif. Kepraktisan mencapai kategori “sangat praktis” berdasarkan penilaian guru, kategori “sangat praktis” berdasarkan penilaian siswa, dan kategori “sangat praktis” berdasarkan observasi keterlaksanaan pembelajaran. Keefektifan mencapai kategori “efektif” ditinjau dari prestasi belajar dan rasa percaya diri siswa. Persentase siswa yang tuntas pada tes prestasi belajar matematika adalah 81,25%. Total skor angket rasa percaya diri siswa akhir lebih dari total skor angket rasa percaya diri siswa awal dan banyaknya siswa yang mencapai kategori minimal “tinggi” adalah 84,38%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, geogebra
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 06 Apr 2017 08:57
Last Modified: 29 Jan 2019 12:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48560

Actions (login required)

View Item View Item