PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) MELALUI METODE PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS VB SD NEGERI GEDONGKIWO KECAMATAN MANTRIJERON YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

Saputri, Heni Septia (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) MELALUI METODE PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS VB SD NEGERI GEDONGKIWO KECAMATAN MANTRIJERON YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Heni Septia Saputri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui metode pembelajaran Group Investigation materi penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya pada siswa kelas VB SD Negeri Gedongkiwo Kecamatan Mantrijeron Yogyakarta, Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri Gedongkiwo, Mntrijeron, Yogyakarta sebanyak 21 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Taggart yang berisi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes untuk mengukur hasil belajar IPA dan observasi untuk mengukur keterlaksanaan belajar guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan metode pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Pada kondisi awal siswa pra tindakan hasil belajar rata-rata kelas sebesar 62,28 dengan presentase ketuntasan 19,04%. Setelah dilaksanakan pembelajaran IPA melalui metode group investigation pada siklus I rata-rata hasil belajar IPA mencapai 75.61, dengan presentase ketuntasan sebesar 57,13%. Demikian pula setelah dilakukan perbaikan pembelajaran IPA melalui metode Group Investigation yang disertai pengkondisian siswa yang lebih baik, kejelasan guru dalam menerangkan pengerjaan lembar kerja, menggunakan media pada kegiatan apersepsi, memberi motivasi kepada siswa untuk lebih berani dan percaya diri dalam mengajukan pertanyaan dan motivasi untuk bekerja sama dalam kelompok yang heterogen pada siklus II, semakin meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Nilai rata-rata kelasnya meningkat menjadi 80,95 dan persentase ketuntasan meningkan menjadi 90,47%. Kata kunci: hasil belajar IPA, metode Group Investigation

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2017 08:53
Last Modified: 30 Jan 2019 13:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48559

Actions (login required)

View Item View Item