PENGARUH KEAKTIFAN MENGIKUTI PERKEMAHAN DALAM PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN TERHADAP KARAKTER MANDIRI SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR SE-GUGUS III KECAMATAN DEPOK SLEMAN

Krisnajati, Endah (2017) PENGARUH KEAKTIFAN MENGIKUTI PERKEMAHAN DALAM PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN TERHADAP KARAKTER MANDIRI SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR SE-GUGUS III KECAMATAN DEPOK SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Endah Krisnajati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan mengikuti perkemahan dalam pendidikan kepramukaan terhadap karakter mandiri siswa kelas VI Sekolah Dasar se-Gugus III Kecamatan Depok Kabupaten Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif yang bersifat non eksperimental. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 297 siswa. Ukuran sampel sebanyak 170 siswa ditentukan berdasarkan rumus slovin. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa skala psikologi. Instrumen dikembangkan dengan validitas konstruk dan isi yang disetujui oleh ahlinya. Teknik pengolahan data dilakukan dengan adanya uji validitas dan reliabilitas, penghitungan persentase, uji normalitas, uji linearitas, serta uji hipotesis dengan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara keaktifan mengikuti perkemahan dalam pendidikan kepramukaan terhadap karakter mandiri siswa. Hal ini dapat diketahui dari nilai signifikansi (sig) atau peluang galat (p) sebesar 0,000 < 0,05 maka dinyatakan hubungan antara variabel keaktifan mengikuti perkemahan dalam pendidikan kepramukaan dengan karakter mandiri siswa adalah signifikan. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,805 dan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,646 dengan persamaan regresi Y’ = 20,241 + 0,538X. Besarnya kontribusi atau sumbangan efektif dari keaktifan mengikuti perkemahan dalam pendidikan kepramukaan terhadap karakter mandiri sebesar 64,6%. Kata kunci: keaktifan, perkemahan, pendidikan kepramukaan, karakter mandiri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2017 08:46
Last Modified: 30 Jan 2019 13:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48558

Actions (login required)

View Item View Item