PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PECAHAN SISWA KELAS III SD NEGERI KOWANGAN TEMANGGUNG

Utami, Diyah Wahyu (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PECAHAN SISWA KELAS III SD NEGERI KOWANGAN TEMANGGUNG. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Diyah Wahyu Utami.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together terhadap hasil belajar pecahan siswa kelas III SD Negeri Kowangan Temanggung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Subjek penelitian ini adalah 46 siswa yang terdiri dari 25 siswa kelas eksperimen dan 21 siswa kelas kontrol. Instrument penelitian yang diberikan berupa tes yang terdiri dari 17 soal pilihan ganda. Validitas instrumen yang digunakan yaitu validitas butir soal. Teknik analisis data berupa uji t dengan gain untuk melihat perbedaan hasil belajar pecahan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Rerata pretes pada kelas eksperimen adalah 77,41 dan rerata pretes pada kelas kontrol adalah 76,75. Setelah dilakukan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada kelas eksperimen diperoleh rerata postes 91,53 dan pada kelas kontrol 82,91 peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari rerata gain pada kelas eksperimen 13,95 dan pada kelas kontrol 6,29 pada kelas kontrol dan eksperimen memiliki hasil belajar yang signifikan. Maka dapat disimpulkan bahwa model ini dapat meningkatkan hasil belajar pecahan siswa kelas III SD Negeri Kowangan Temanggung. Kata kunci: Pembelajaran Koopeatif, NHT, Hasil Belajar Pecahan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2017 08:36
Last Modified: 30 Jan 2019 13:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48556

Actions (login required)

View Item View Item