SURVEI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF DI SMPLB SE-KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2016/2017

Rina Duwi, Astuti (2017) SURVEI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF DI SMPLB SE-KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Rina Duwi Astuti (13601241040).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif masih menemui beberapa kendala. Kendala tersebut diantaranya minimnya sarana prasarana, latar belakang guru bukan dari Pendidikan Jasmani dan pemilihan materi yang tidak sesuai dengan kondisi dan jenis ketunaan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif di SMPLB se-Kabupaten Bantul yang dilihat dari faktor tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, kompetensi guru, sarana prasarana dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Guru Pendidikan Jasmani Adaptif SLB di Kabupaten Bantul yang berjumlah 20 orang. Variabel dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif di SMPLB se-Kabupaten Bantul. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner dengan 29 butir pertanyaan. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif di SMPLB se-Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2016/2017 pada kategori tidak baik dengan presentase 15%, kategori kurang baik dengan presentase 15%, kategori cukup baik dengan presentase 15%, kategori baik dengan presentase 55% dan kategori sangat baik dengan presentase 0%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif di SMPLB se-Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2016/2017 dalam kategori baik, dengan presentase 55%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, jasmani adaptif, SMPLB
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 11 Apr 2017 01:46
Last Modified: 30 Jan 2019 13:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48555

Actions (login required)

View Item View Item