PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS VB SD NEGERI DEMAKIJO 1 GAMPING SLEMAN

Wulandari, Dewi (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS VB SD NEGERI DEMAKIJO 1 GAMPING SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Dewi Wulandari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui model pembelajaran Quantum Teaching pada siswa kelas VB SD Negeri Demakijo 1 Gamping Sleman. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis & Mc.Taggart. Subjek penelitian meliputi siswa kelas VB SD Negeri Demakij 1 Gamping Sleman yang berjumlah 33 siswa. Objek penelitian adalah meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui model pembelajaran Quantum Teaching. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas VB SD Negeri Demakijo 1 Gamping Sleman dapat meningkat setelah diberikan tindakan berupa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching. Hasil belajar pratindakan menunjukkan siswa yang sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebanyak 6 siswa (18.18%) dan sebanyak 27 siswa (81.82%) belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pada siklus I diperoleh hasil sebanyak 22 siswa (66.67%) telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan sebanyak 11 siswa (33.33%) belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Persentase aktivitas siswa pada siklus I yaitu 78.83%. Pada siklus II diperoleh hasil sebanyak 29 siswa (87.88%) telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan sebanyak 4 siswa (12.12%) belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Persentase aktivitas siswa pada siklus I yaitu 85.08%. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa kelas VB SD Negeri Demakijo 1 Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman. Kata Kunci: Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Model Pembelajaran Quantum Teaching, Siswa SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2017 08:31
Last Modified: 30 Jan 2019 13:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48554

Actions (login required)

View Item View Item