Faktor-faktor Penyebab Kesulitan Siswa SMP di Kabupaten Ngada dalam Menyelesaikan Soal Ujian Nasional Matematika Tahun Pelajaran 2014/2015

Meo, Maria Antonia Yuniarty (2016) Faktor-faktor Penyebab Kesulitan Siswa SMP di Kabupaten Ngada dalam Menyelesaikan Soal Ujian Nasional Matematika Tahun Pelajaran 2014/2015. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-maria-antonia-yuniarti-meo-14709251089.swf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis dan faktor penyebab kesulitan siswa SMP di Kabupaten Ngada dalam menyelesaikan soal Ujian Nasional matematika tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah 100 siswa kelas IX SMP di Kabupaten Ngada tahun pelajaran 2015/2016 yang berasal dari empat sekolah dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan tehnik stratified proportional random sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes diagnostik terdiri dari 10 butir soal, angket yang terdiri dari 30 item dan pedoman wawancara. Instrumen telah divalidasi oleh dua ahli. Analisis data dilakukan dengan menghitung jawaban siswa, menganalisis hasil tes, angket dan wawancara kemudian dilanjutkan dengan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa jenis kesulitan yang dialami siswa SMP di Kabupaten Ngada dalam menyelesaikan soal Ujian Nasional matematika tahun pelajaran 2014/2015 adalah kesulitan menyatakan fakta (kesulitan menentukan yang diketahui dan ditanyakan) sebesar 28,3%, kesulitan memahami konsep (kesulitan menjelaskan konsep yang digunakan untuk menyelesaikan soal) sebesar 76,9%, kesulitan menerapkan prinsip (kesulitan memadukan beberapa konsep untuk menyelesaikan soal) sebesar 76,9% dan kesulitan dalam keterampilan (kesulitan menyelesaikan operasi dasar matematika) sebesar 75,9%. Faktor penyebab kesulitan adalah siswa tidak dapat memahami soal sehingga tidak dapat menentukan yang diketahui dan ditanyakan, siswa tidak memahami konsep dan sistematika penyelesaian, siswa tidak dapat memadukan fakta dan konsep, atau beberapa konsep untuk menyelesaikan soal, siswa tidak dapat menyelesaikan operasi dasar matematika sehingga jawaban akhir kurang tepat. Selain itu siswa kurang teliti, terkecoh dan lupa. Faktor lain yang juga merupakan penyebab kesulitan adalah faktor fisiologis (belajar terganggu karena sakit), faktor psikologis (mudah putus asa dalam belajar matematika ketika menemukan kesulitan), faktor lingkungan keluarga (suasana belajar di rumah tidak nyaman), faktor lingkungan sekolah (suasana kurang nyaman saat pembelajaran matematika) dan faktor lingkungan masyarakat (lupa dan malas belajar karena terlalu banyak waktu bermain bersama teman).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kesulitan siswa, UN, matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 06 Apr 2017 08:12
Last Modified: 29 Jan 2019 12:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48552

Actions (login required)

View Item View Item