Pengembangan Bahan Ajar Geometri SMP Berbasis Cognitive Load Theory Berorientasi pada Prestasi Belajar Siswa

Pangesti, Fitraning Tyas Puji (2016) Pengembangan Bahan Ajar Geometri SMP Berbasis Cognitive Load Theory Berorientasi pada Prestasi Belajar Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fitraning-tyas-puji-pangesti-14709259009.swf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar geometri SMP berbasis Cognitive Load Theory (CLT) serta mendeskripsikan kualitas kevalidan, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar tersebut. Bahan ajar yang dikembangkan berupa buku pengayaan geometri untuk SMP kelas VII dan VIII sesuai dengan Kurikulum 2006. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan model penelitian desain dari Plomp yang terdiri atas tiga tahap: preliminary research, prototyping phase, dan assessment phase. Subjek coba terdiri dari 32 siswa kelas VII dan 32 siswa kelas VIII dari dua SMP Negeri di Kabupaten Wonosobo, beserta masing-masing satu guru matematika dari sekolah tersebut. Subjek coba yang menggunakan bahan ajar ini telah menguasai kompetensi dasar pembelajaran. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu: lembar validasi bahan ajar, lembar validasi instrumen prestasi belajar, lembar penilaian kepraktisan untuk guru dan siswa, serta instrumen penilaian prestasi belajar. Analisis data dilakukan dengan mengkonversi total skor empiris yang diperoleh menjadi data kualitatif dalam lima kriteria. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar geometri SMP berbasis CLT yang memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Hasil evaluasi formatif 1 menyatakan bahwa bahan ajar memenuhi kriteria valid. Hasil evaluasi formatif 2 dan evaluasi sumatif menyatakan bahwa bahan ajar memenuhi kriteria praktis. Keefektifan bahan ajar terlihat dari hasil penilaian prestasi belajar yang menunjukkan bahwa persentase siswa kelas VII yang mencapai KKM adalah 78% dengan rata-rata nilai klasikal 78 dan persentase siswa kelas VIII yang mencapai KKM adalah 75% dengan rata-rata nilai klasikal 80. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak digunakan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar geometri, cognitive load theory
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pascasarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 06 Apr 2017 07:46
Last Modified: 06 Apr 2017 07:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48549

Actions (login required)

View Item View Item