Pengaruh Kinerja Kepala Sekolah, Intensitas Komunikasi dan Partisipasi Masyarakat terhadap Keberhasilan Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Negeri Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau

Putri, Novi Hardini (2016) Pengaruh Kinerja Kepala Sekolah, Intensitas Komunikasi dan Partisipasi Masyarakat terhadap Keberhasilan Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Negeri Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-novi-hardini-putri-14703251037.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh kinerja kepala sekolah, intensitas komunikasi dan partisipasi masyarakat terhadap keberhasilan manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri se-Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Penelitian dilakukan terhadap populasi dengan jumlah 39 kepala SMP Negeri se-Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket yang telah diuji validitasnya dengan korelasi product moment dan uji reliabilitas dengan menggunakan alpha-cronbach. Adapun analisis datanya dilakukan secara deskriptif dan analisis jalur dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil analisis data secara deskriptif ditemukan bahwa kinerja kepala sekolah, intensitas komunikasi, partisipasi masyarakat dan keberhasilan MBS termasuk dalam kategori sedang yakni: kinerja kepala sekolah = 46,2%, intensitas komunikasi = 46,2%, partisipasi masyarakat = 64,1% dan keberhasilan MBS = 41%. Sedangkan dari analisis jalur menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung yang positif dan signifikan terhadap keberhasilan MBS di SMP Negeri Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau yakni dari kinerja kepala sekolah = 34%, intensitas komunikasi = 38,1% dan partisipasi masyarakat = 29,2%; sedangkan secara bersama-sama berpengaruh sebesar 61,5%. Kinerja kepala sekolah terhadap intensitas komunikasi = 25,2%, kinerja kepala sekolah terhadap partisipasi masyarakat = 10,1% dan intensitas komunikasi terhadap partisipasi masyarakat = 16%. Selanjutnya ditemukan pengaruh tidak langsung dari kinerja kepala sekolah terhadap keberhasilan MBS melalui intensitas komunikasi = 45,8%, kinerja kepala sekolah terhadap keberhasilan MBS melalui partisipasi masyarakat = 57,3%, intensitas komunikasi terhadap keberhasilan MBS melalui partisipasi masyarakat = 59,1% dan kinerja kepala sekolah terhadap keberhasilan MBS melalui intensitas komunikasi dan partisipasi masyarakat = 43,3%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kinerja kepala sekolah, manajemen berbasis sekolah
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 06 Apr 2017 07:28
Last Modified: 16 Dec 2022 07:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48548

Actions (login required)

View Item View Item