Keefektifan Strategi Mind Mapping dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Narasi, Deskripsi, Eksposisi, Argumentasi, dan Persuasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan

Purwanasari, Nori (2016) Keefektifan Strategi Mind Mapping dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Narasi, Deskripsi, Eksposisi, Argumentasi, dan Persuasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nori-purwanasari-09706251001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan. Kedua tujuan tersebut adalah membuktikan (1) ada atau tidak perbedaan yang signifikan antara keterampilan menulis narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi siswa yang diajar menggunakan strategi mind mapping dan siswa yang diajar tanpa strategi mind mapping dan (2) keefektifan penggunaan strategi mind mapping dalam pembelajaran keterampilan menulis narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pretest-postest control group design. Variabel penelitian ada 6, yaitu 1 variabel bebas dan 5 variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 198 siswa. Teknik penyampelan yang digunakan adalah simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini 68 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes. Validitas instrumen dalam penelitian ini adalah expert judgement validity. Uji reliabilitas instrumen menggunakan prosedur antarrater yang dikorelasikan menggunakan uji Interclass Correlation Coefficient. Hasil penghitungan menunjukkan besarnya reliabilitas instrumen tes menulis narasi sebesar 0,9976; deskripsi sebesar 0,9980; eksposisi sebesar 0,9973; argumentasi sebesar 0,9981; dan persuasi sebesar 0,9981. Teknik analisis data menggunakan manova (multivariate analiysis of variance) dan dilanjutkan uji scheffe. Hasil penghitungan uji manova menunjukkan nilai F sebesar 11, 448 sig p 0,05. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan menulis narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil penghitungan uji scheffe menunjukkan nilai F sebesar 46,603 sig p 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi menggunakan strategi mind mapping lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran menulis narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi tanpa strategi mind mapping.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: mind mapping, keterampilan menulis
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 06 Apr 2017 06:58
Last Modified: 09 Nov 2022 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48547

Actions (login required)

View Item View Item