Pengembangan E-Book Fisika Berbasis Android untuk Memudahkan Siswa Belajar Fisika dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar

Muqarrobin, Tamman Firdaus (2016) Pengembangan E-Book Fisika Berbasis Android untuk Memudahkan Siswa Belajar Fisika dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-tamman-firdaus-muqarrobin-14726251019.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui kelayakan media pembelajaran e-book fisika berbasis android yang dihasilkan dalam membantu peserta didik belajar sehingga memperoleh hasil belajar yang baik, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar yang diperoleh antara peserta didik yang menggunakan media pembelajaran e-book fisika berbasis android dengan peserta didik yang menggunakan media pembelajaran yang sering digunakan di sekolah, (3) mengetahui perbedaan kemudahan belajar yang diperoleh peserta didik ketika menggunakan media pembelajaran e-book fisika berbasis android dengan peserta didik yang menggunakan media pembelajaran dari pihak sekolah, dan (4) mengetahui pengaruh kemudahan belajar terhadap hasil belajar Media ini dikembangkan menggunakan software adobe flash professional CS 6 dengan action script 3. Software pendukung yang digunakan dalam mengembangkan media ini adalah adobe air, adobe photoshop CS, corel draw graphic suite X5. Media yang telah dihasilkan kemudian diujicobakan dengan subyek yang terdiri dari 48 subyek, diambil dari SMA Negeri 1 Ngawi. Pengumpulan data menggunakan angket untuk mengetahui kelayakan e-book yang akan digunakan sebagai media pembelajaran serta tes tulis untuk mengetahui kehandalan media pembelajaran e-book ini dalam membantu peserta didik untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Teknik analisis menggunakan uji homogenitas lavane, uji normalitas kolmogorv-smirnov, uji banding dengan uji independent sample t test dengan taraf signifikan 0,95 Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran e-book fisika berbasis android yang dikembangkan telah dinilai kelayakannya oleh ahli media, ahli materi, guru fisika dan praktisi media, dan dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk membantu peserta didik dalam belajar dan memperoleh hasil belajar yang baik untuk mata pelajar Fisika pada tingkat SMA (2) terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan media pembelajaran e-book fisika berbasis android dengan peserta didik yang menggunakan media pembelajaran yang sering digunakan di sekolah, dan (3) tidak ada perbedaan yang signifikan mengenai respon peserta didik terhadap kemudahan belajar yang diperoleh peserta didik ketika menggunakan media pembelajaran e-book fisika berbasis android dibandingkan peserta didik yang menggunakan media pembelajaran dari pihak sekolah dan (4) kemudahan belajar tidak sepenuhnya mempengaruhi hasil belajar peserta didik, masih terdapat faktor lain yang lebih mempengaruhi hasil belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: e-book, fisika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 06 Apr 2017 04:50
Last Modified: 29 Jan 2019 12:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48543

Actions (login required)

View Item View Item