LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

Widiyaningsih, Widiyaningsih (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
WIDIYANINGSIH_13111244015_PG PAUD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan. Mata kuliah yang mengharuskan mahasiswa terjun langsung di sekolah atau instansi untuk mengaplikasikan ilmu-ilmu yang telah diperoleh dari materi perkuliahan. Mahasiswa belajar untuk merencanakan kegiatan, mengembangkan media pembelajaran untuk mengajar, melaksanakan rencana kegiatan yang telah dibuat, dan membuat alat penilaian serta mengembangkan seluruh kompetensi yang harus dimiliki oleh guru. Selain itu, banyak ilmu dan pengalaman yang diperoleh dari praktik mengajar ini. Ilmu yang didapat dari guru maupun ilmu yang dibangun sendiri ketika praktik mengajar. Sekolah yang ditunjuk untuk melaksanakan PPL II adalah TK ABA Demakan yang beralamat di demakan, gadingsari,snden, Bantul. TK ABA Demakan bekerjasama dengan Universitas Negeri Yogyakarta khususnya Pusat Pengembangan PPL dan PKL Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta . TK ABA Demakan memiliki tenaga pendidik yang berpengalaman dan profesional. Mahasiswa dibimbing dengan baik oleh guru-guru dan diberi kesempatan yang luas untuk mengembangkan program-program yang mendukung pembelajaran dan sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan selama 4 kali mengajar, 5 kali menjadi guru terbimbing. Untuk dapat mengajar dengan baik, mahasiswa membuat rencana kegiatan yang kemudian dikonsultasikan pada guru agar pembelajaran berjalan dengan baik. Setelah itu, mahasiswa menyusun Rencana Kegiatan Harian (RKH) yang berisi indikator yang dikembangkan, kegiatan dan media yang digunakan, serta alat penilaian setiap kegiatan. Kegiatan yang kreatif dan baru dirancang sedemikian rupa oleh mahasiswa agar anak-anak tertarik dan mau mengikuti pembelajaran dengan baik. Media maupun alat peraga yang dibuat dalam ukuran yang besar atau menggunakan benda asli agar dapat diindera oleh anak dengan baik. Dalam pembelajaran, mahasiswa dipantau oleh guru kelas dan diberi masukan ketika mahasiswa mempunyai kekurangan dalam mengajar. Masukan yang diberikan oleh tiap guru pun meningkatkan kompetensi mahasiswa baik dalam persiapan, megajar, maupun penilaian terhadap peserta didik.dilanjutkan dengan kegiatan penarikan PPL oleh ibu Nur Cholimah, S.Pd., M.Pd selaku DPL PPL. Penarikan tersebut dilaksanakan pada hari Jumat, 16 September 2016 di TK ABA Demakan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, mengajar, anak
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Apr 2017 04:07
Last Modified: 01 Oct 2019 11:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48538

Actions (login required)

View Item View Item