PENGARUH PENAMBAHAN SENYAWA HDTMS PADA KAIN SPANDEX TERDEPOSIT NANOPARTIKEL PERAK TERHADAP SUDUT KONTAK DAN AKTIVITAS ANTIBAKTERI

Prihatna, Yoga (2017) PENGARUH PENAMBAHAN SENYAWA HDTMS PADA KAIN SPANDEX TERDEPOSIT NANOPARTIKEL PERAK TERHADAP SUDUT KONTAK DAN AKTIVITAS ANTIBAKTERI. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 Skripsi Yoga P.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik nanopartikel perak hasil preparasi menggunakan metode reduksi kimia, perubahan gugus fungsi kain spandex sebelum dan sesudah modifikasi, perbedaan sudut kontak kain spandex sebelum dan sesudah modifikasi, sifat antibakteri kain spandex sebelum dan sesudah modifikasi terhadap bakteri Staphylococcus aureus dan bakteri Eschericia coli, dan perbedaan aktivitas bakteri sampel kain spandex terhadap jenis bakteri yang berbeda yaitu Staphylococcus aureus dan Eschericia coli. Nanopartikel perak dipreparasi menggunakan metode reduksi kimia terhadap larutan AgNO3 dengan adanya Na3C6H5O7, dan PVA sebagai penstabil. Nanopartikel perak yang dihasikan kemudian dikarakterisasi menggunakan spektroskopi UV-VIS. Nanopartikel perak kemudian didepositkan pada sampel kain spandex. Senyawa kimia yang digunakan sebagai agen hidrofob adalah larutan HDTMS 4% dalam etanol. Larutan HDTMS dilapiskan pada sampel kain spandex. Sampel kain spandex dikarakterisasi menggunakan ATR-FTIR untuk mengetahui gugus fungsi, uji sudut kontak, dan aktivitas antibakteri. Karakterisasi UV-VIS menunjukkan nanopartikel perak yang terbentuk menghasilkan absorbansi pada panjang gelombang 429 nm. Penambahan HDTMS menyebabkan munculnya gugus fungsi –CH3 dan memunculkan sifat hidrofob pada kain spandex. Nanopartikel perak dapat meningkatkan aktivitas antibakteri kain spandex secara signifikan terhadap bakteri Staphylococcus aureus dan bakteri Escherricia coli. Kain spandex terdeposit nanopartikel perak memiliki aktivitas antibakteri yang lebih besar terhadap bakteri Staphylococcus aureus dibandingkan terhadap bakteri Eschericia coli.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 06 Apr 2017 03:12
Last Modified: 30 Jan 2019 13:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48535

Actions (login required)

View Item View Item