PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA DISERTAI GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B TK KUSUMA PUGERAN SURYODININGRATAN YOGYAKARTA

Chesaria Puspa, Ningsih (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA DISERTAI GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B TK KUSUMA PUGERAN SURYODININGRATAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Chesaria Puspa Ningsih _ 10111244033.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak-anak di TK Kusuma Pugeran, Suryodiningratan Yogyakarta melalui metode bercerita disertai gambar. Penelitian ini dilakukan karena terdapat permasalahan dalam perkembangan kemampuan berbicara pada kelompok B. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru. Subjek yang diteliti adalah anak kelompok B TK Kusuma berjumlah 14 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berbicara pada anak-anak di kelompok B TK Kusuma. Langkah-langkah yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berbicara adalah melakukan apersepsi, guru memulai kegiatan bercerita, memberikan pertanyaan kepada anak serta memberi kesempatan anak untuk menceritakan kembali kemudian melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Peningkatan dapat dilihat dari observasi yang telah dilakukan, pada pra tindakan, menunjukan kemampuan berbicara anak 7,14% pada kriteria sangat baik, 64,29% pada kriteria baik dan 28,57% pada kriteria cukup. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I meningkat 7,14% pada kriteria sangat baik, 78,57% pada kriteria baik dan 14,29% pada kriteria cukup. Pada tindakan siklus II anak dengan kriteria sangat baik meningkat menjadi 78,57% dan 21,43% pada kriteria baik. Dari hasil yang diperoleh dalam penelitian membuktikan bahwa melalui metode bercerita disertai gambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak. Kata kunci: kemampuan berbicara, metode bercerita disertai gambar, kelompok B.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2017 02:50
Last Modified: 06 Apr 2017 02:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48533

Actions (login required)

View Item View Item