TINGKAT KEMATANGAN SOSIAL PADA SISWA KELAS XI ANGGOTA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMK NEGERI 1 CANGKRINGAN, SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Ari Wibowo, Ari (2017) TINGKAT KEMATANGAN SOSIAL PADA SISWA KELAS XI ANGGOTA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMK NEGERI 1 CANGKRINGAN, SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Ari Wibowo_12104241078.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kematangan sosial pada siswa kelas XI anggota kegiatan ekstrakurikuler di SMK Negeri 1 Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskripif kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Subjek penelitian adalah 72 siswa kelas XI anggota kegiatan ekstrakurikuler yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui skala tingkat kematangan sosial. Uji validitas skala dilaksanakan dengan korelasi product moment dan uji reliabilitas skala dilaksanakan dengan rumus Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; tingkat kematangan sosial pada siswa kelas XI anggota kegiatan ekstrakurikuler di SMK Negeri 1 Cangkringan termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 78%. Hasil tersebut ditunjang melalui analisis data pada tiap indikator. Indikator bekerja untuk kepentingan kelompok dengan persentase sebesar 82% yang masuk dalam kategori sangat tinggi, indikator optimis dalam hidup dengan persentase sebesar 82% yang masuk dalam kategori tinggi, indikator pandai dalam menggunakan waktu luang dengan persentase sebesar 80% termasuk dalam kategori tinggi, indikator dapat memahami kemampuan diri dengan persentase sebesar 79% termasuk dalam kategori tinggi, indikator mau menerima orang lain dengan persentase sebesar 76% yang masuk dalam kategori tinggi, dan indikator menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri dengan persentase sebesar 73% yang masuk dalam kategori tinggi. Kata kunci: kematangan sosial, ekstrakurikuler.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 06 Apr 2017 02:30
Last Modified: 06 Apr 2017 02:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48532

Actions (login required)

View Item View Item