IDENTIFIKASI PERMASALAHAN PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KARIR YANG DIALAMI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA

Ratna Utami Singgih, Ratna (2017) IDENTIFIKASI PERMASALAHAN PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KARIR YANG DIALAMI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI_RATNA UTAMI SINGGIH_11104244004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan pelaksanaan layanan bimbingan karir yang dialami guru BK di SMK Negeri se-Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Subyek penelitian ini yaitu guru BK di SMK Negeri se-Kota Yogyakarta, berjumlah 38 orang. Instrumen pengumpul data berupa angket permasalahan pelaksanaan layanan bimbingan karir yang dialami guru BK. Uji validitas instrumen menggunakan validitas logis dengan expert judgement, sedangkan uji reliabilitas dengan internal consistensy menggunakan rumus KR-20 menghasilkan koefisien reliabilitas 0,979. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan pelaksanaan layanan bimbingan karir yang dialami guru BK di SMK Negeri se-Kota Yogyakarta yang meliputi aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut menunjukkan rata-rata permasalahan sebesar 42,71%, dengan rincian yakni (1) permasalahan aspek perencanaan sebesar 41,14% dengan masalah tertinggi yaitu kesulitan membuat administrasi himpunan data hasil penilaian kebutuhan, kesulitan membuat rancangan anggaran dana untuk program bimbingan karir selama satu tahun pelajaran, (2) permasalahan tahap pengorganisasian sebesar 42,43% dengan masalah tertinggi yaitu rasio guru BK dengan siswa terlalu tinggi, guru BK belum berpendidikan profesi konselor, (3) permasalahan tahap pelaksanaan sebesar 45,49% dengan masalah tertinggi yaitu pelaksanan program ceramah dari tokoh karir belum optimal, tidak terdapat jadwal masuk kelas khusus BK, belum dapat menggunakan metode karyawisata karir; (4) permasalahan tahap evaluasi dan tindak lanjut sebesar 42,11% dengan masalah tertinggi yaitu, kesulitan menyusun laporan pelaksanaan program bimbingan karir berdasar hasil evaluasi program layanan bimbingan karir. Kata kunci: identifikasi permasalahan, layanan bimbingan karir, SMK.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 06 Apr 2017 02:22
Last Modified: 30 Jan 2019 13:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48531

Actions (login required)

View Item View Item