MENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI MELALUI RESPECT-TRAINIG PADA SISWA KELAS XI JURUSAN KECANTIKAN KULIT SMKN 6 YOGYAKARTA

Nanik Tri Wahyuni, Nanik (2017) MENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI MELALUI RESPECT-TRAINIG PADA SISWA KELAS XI JURUSAN KECANTIKAN KULIT SMKN 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menigkatkan keterampilan komuniasi antar pribadi siswa kelas XI jurusan Kecantikan Kulit SMKN 6 Yogyakarta melalui respect-training. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitiannya adalah seluruh siswa kelas XI jurusan Kecantikan Kulit I SMKN 6 Yogyakarta yang berjumlah 31 siswa. Metode pendekatannya adalah metode kuantitatif diskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini analisis kuantitatif deskriptif. Adapun kegiatan penelitian yang dilakukan ialah perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Indikator Keberhasilan penelitian apabila rata-rata siswa menujukkan kemampuan komunikasi antarpribadi yang efektif mencapai 75% atau lebih. Sebaliknya siklus ini akan dilanjutkan apabila keterampilan berkomunikasi siswa belum mencapai 75%. Hasil penelitian menujukkan bahwa respect-training dapat meningkatkan keterampilan komunikasi antar pribadi pada siswa kelas XI Kecantikan Kulit SMKN 6 Yogyakarta. Peningkatan dibuktikan dengan hasil pra peningkatan yang menujukkan keterampilan komunikasi antar pribadi dari tindakan siklus I didapatkan hasil kategori sangat tinggi 0 siswa (0,00%), kategori tinggi ada 3 siswa (10,0%), dari hasil pengamatan juga menunjukkan sisiwa masih kurang aktif dalam pelatihan, siswa belum menunjukkan komuniasi dengan baik dalam keterampilan mendengar, mengungkapkan perasaan masih belum ditunjukkan dengan baik hasil ini belum menujukkan keberhasilan dengan kategori 75% atau lebih maka siklus ini diulang ke siklus ke II. Hasil siklus II kategori sangat tinggi ada 6 siswa (20,0%), tinggi ada 19 siswa (63,3%). Hasil ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan mengenai keterampilan komunikasi antar pribadi sebanyak 20,0% + 63,3% = 83,3% hasil tersebut dikuatkan dengan observasi bahwa keterampilan siswa sudah meningkat, siswa mampu mengekspresikan diri dengan baik, siswa mampu mendengarkan dengan penuh pemahaman, menjelaskan pikiran dan perasaan secara layak dan jelas, mampu memberi dan menerima masukan dari orang lain, dan mampu dalam menyelesaikan konflk secara pribadi maupun sosial,dapat disimpulkan bahwa keberhasilan sudah melebihi standar maka siklus ini dihentikan. Kata kunci : siswa, respect-training, keterampilan, komunikasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 06 Apr 2017 02:14
Last Modified: 30 Jan 2019 13:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48528

Actions (login required)

View Item View Item