MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI METODE SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA

Meri Damayanti, Meri (2017) MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI METODE SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial melalui metode sosiodrama pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Yogyakarta serta mendeskripsikan proses pelaksanaan sosiodrama. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dan terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II.Siklus I dilkasanakan pada tanggal 1 November, sedangkan untuk siklus II dilaksanakan pada tanggal 5 November 2016.Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII B yang di ambil dari data IKMS, kemudian didapatkan 5 siswa dengan presentasi 17,6% yang masih membutuhkan informasi tentang cara berkomunikasi yang baik .Desain yang digunakan adalah model spiral peneliatan Kemmis dan Mc.Taggart. Metode pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan istrumen penelitan berupa skala keterampilan sosial.Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode sosiodrama dapat meningkatkan keterampilan sosial pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Yogyakarta.Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai di tiap siklusnya. Peningakatan yang terjadi dari tes sebelum tindakan dan tes setelah tindakan siklus I yaitu peningkatan nilai rerata dari pre-test sebesar 5,2 poin dari hasil 96,6 menjadi 101,8 dan termasuk pada kategori sedang. Dari post-test I mengalami peningkatan rerata yaitu sebesar 15,8 poin dari 101,8 menjadi 117,6 dan termasuk pada kategori tinggi. Dalam sosiodrama materi pembelajaran yang diberikan adalah masalah-masalah sosial yang sangat dirasakan dalam kehidupan sehari-hari.Dengan demikian antara keterampilan sosial dengan metode sosiodrama memiliki hubungan yang erat karena dengan penggunaan metode ini, siswa mampu berpendapat, dan mempertahankan pendapatnya, mengerti cara menerima pendapat orang lain serta dapat mencari jalan keluar atau berkompromi dengan orang lain jika terjadi banyak perbedaan pendapat sehingga siswa dapat mengambil kesimpulan atau keputusan dari tiap-tiap persoalan, serta dapat meningkatkan keterampilan sosialnya dengan berani berbaur dan bersosialisasi. Kata kunci:metode sosiodrama, keterampilan sosial, kelas VIII B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 06 Apr 2017 02:07
Last Modified: 30 Jan 2019 13:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48526

Actions (login required)

View Item View Item