LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

Nindha Fabriandari, Nindha Fabriandari (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NINDHA F_13111244012_PG PAUD.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diambil dan ditempuh oleh mahasiswa program pendidikan dari setiap jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk mencari pengalaman secara langsung dan menerapkan ilmu yang didapat di bangku perkuliahan. Penyelanggaraan kegiatan PPL ini dilaksanakan di sekolah atau lembaga yang sudah ditentukan untuk meningkatkan produktivitas tenaga pendidik, khususnya mahasiswa dalam segi kualitas. Kegiatan PPL bertujuan untuk membentuk seorang calon pendidik yang professional. Dimana mahasiswa harus mengetahui bagaimana proses mempersiapkan administrasi pendidik, cara mengajar yang baik, model pembelajaran yang baik, metode pembelajaran yang tepat, serta proses evaluasi dan analisis hasil yang baik. Pada kegiatan PPL UNY kali ini untuk Prodi PG PAUD mengambil tempat di Kecamatan Sanden, tepatnya di TK ABA Demakan yang diselenggarakan selama 2 bulan yang dimulai pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. TK ABA Demakan ini terletak di Dusun Demakan Desa Gadingsari Kecamatan Sanden pengalaman mengajar secara langsung kepada mahasiswa dan mengembangkan ilmu yang dimilikinya untuk dapat diterapkan dalam dunia kerja kelak. Pelaksannan PPL diawali dengan observasi lembaga pendidikan yang akan digunakan untuk PPL yaitu dengan melihat potensi yang ada disekolah tersebut yang meliputi tenaga pendidik, sarana dan prasarana, lingkungan dan bagaimana kegiatan pembelajaran yang dilakukan di sekolah tersebut, selanjutnya tahap pelaksannan PPL, sebelum melaksanakan kegiatan PPL mahasiswa telah dibekali pengalaman melelui mikro teaching agar pada pelaksanaan pengejaran mahasiswa dapat mengajar dan menerapkan ilmu yang dimilikinya, pelaksannan progam PPL yang meliputi progam pengajaran di sekolah, kegiatan pengajaran dilakukan di 1 kelas yaitu kelas B. Akan tetapi dalam praktek mengajar selama PPL dibagi menjadi 2 kelas yaitu B1 dan B2. TK ABA Demakan belum memiliki kelengkapan fasilitas sarana dan prasarana yang memadai. Mahasiswa mendapatkan bimbingan dari sekolah dengan baik serta diberikan kesempatan untuk mengembangkan ilmu dan mendapatkan banyak pengalaman selama kegiatan PPL. Masing-masing mahasiswa memiliki kesempatan mengajar sebanyak empat kali yaitu 2 kali kelas B1 dan 2 kali kelas B2. Kemudian setiap mahasiswa juga berkesempatan mengajar terbimbing sebanyak 4 kali, 4 kali mendampingi dan 4 kali piket. Media maupun alat peraga dibuat dalam ukuran besar agar dapat dilihat oleh seluruh anak dengan baik. Seluruh media dibuat semenarik mungkin agar anak tertarik untuk belajar. Kegiatan PPLyang dilaksanakan di TK ABA Demakan dapat berjalan secara lancar dan baik berkat bantuan semua pihak antara lain Dosen Pembimbing Lapangan, Guru, peserta didik dan seluruh warja sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Pengajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Apr 2017 01:35
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48516

Actions (login required)

View Item View Item